25 Februari 2024

5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Ketika Mengajak Anak Mudik Lebaran

 Sudah memasuki akhir Februari nih, awal bulan Maret audah mulai berpuasa bagi umat muslim. Dan tentu saja, yang perlu dipikirkan, acara tahunan yaitu mudik lebaran hehe.

Mudik lebaran adalah momen yang dinanti karena kita bisa bertemu keluarga jauh yang sangat jarang bisa ketemu.

Tetapi, mudik lebaran juga peer tersendiri apalagi yang punya anak-anak masih kecil. 

Saya beberapa kali mengajak anak mudik lebaran. Perjalanan memakan waktu sekitar 6-9 jam tergantung kondisi jalan ya.

Karena kami mudiknya memakai mobil pribadi, jadi saya kali ini juga sharing berdasar pengalaman saya ya.

Mengajak anak mudik lebaran punya tantangan tersendiri ya. Apalagi ketika mereka masih usia balita dan membawa lebih dari 1 anak. Wkwk super sekali itu mah.

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan ketika kita membawa mudik anak-anak kecil ya. Berikut poin-poinnya:

1. Kenyamanan

Perjalalanan mudik rata-rata panjang ya, apalagi resiko jalanan macet itu tinggi sekali terjadi. Sehingga, bagaimana membuat keadaan nyaman untuk mereka adalah keharusan yang perlu dipenuhi.

Ketika mudik, biasanya kami membuat tempat anak-anak yang mereka bisa bebas bergerak. Baik bermain mau pun tiduran.

Sehingga, tempat duduk mobil di tengah dilepas dan diganti dengan kasur tipis. 

Ruang gerak anak-anak lebih luas dan jika mereka mau tidur, posisi tidur juga lebih nyaman.

2. Siapkan aktivitas 

Namanya anak-anak jika mata melek pasti gak akan pernah berhenti bergerak. Mereka akan sangat aktif melakukan berbagai kegiatan.

Nah ini nih yang bikin pusing orang tua. Di rumah aja yang ruang geraknya lebih luas. Semua diacak-acak, apalagi di mobil haha.

Jadi, siapkan aktivitas untuk mereka lakukan bersama. Bisa permainan, membaca buku bersama, menggambat dan lain-lain. 

3. Siapkan makanan yang cukup

Ini jelas harus dipikirkan ya, apalagi takutmya kalau pas mudik kena macet. Susah banget buat mampir untuk beli makan.

Jadi, jangan sampai lupa untuk menyiapkan makanan kesukaan mereka dalam jumlah yang cukup. Lebih sedikit malah lebih bagus sih buat jaga-jaga.

Jangan lupa snack-snack kesukaan serta minuman yang cukup.

Kalau anaknya masih minum susu, segala termos juga harus disiapin yak.

4. Persiapkan pakaian yang cukup

Namanya anak-anak polah tingkahnya gak bisa diam. Makan pun jarang sekali bisa anteng. Alhasil, baju yang dikenakan kerap terkena kotoran.

Oleh, sebab itu, perlu sekali membawa pakaian lebih dari biasanya. Sebagai cadangan kalau-kalau ada tindakan tak terduga yang meyebabkan pakaian yang dikenakan harus sering diganti.

5. Obat-obatan dasar

Jangan terlupa untuk membawa obat-obatan dasar ya mam. Seperti obat penurun panas, obat batuk pilek, obat diare dan vitamin yang biasa digunakan.

Karena berada di tempat baru, terkadang kebiasaan dan makanannya pun berbeda.

Lagipula kondisi anak itu cepat sekali berubah. Bisa jadi juga dikarenakan mereka belum bisa mengungkapka  dengan baik, kondisi tubuh mereka bagaimana

Eh, tetiba aja anget. Kan bikin blingsatan banget tuh, kalau kita gak ada persiapan obat. 

5 hal ini yang perlu diperhatikan ketika kita mengajak anak untuk mudik lebaran versi saya.

Mungkin temans ada yang mau menambahkan? Untuk memperluas wawasan saya juga nih. 

Pentingnya Probiotik untuk Meningkatkan Berat Badan Anak

 Masalah berat badan anak banyak dihadapi oleh orang tua ya. Termasuk saya. Perlu usaha ekstra untuk masalah satu ini. Bahkan sampai sekarang pun saya masih berjuang.

Banyak sekali hal yang terkait tentang masalah berat badan ini. Tapi, yang pasti semua terkait dari pencernaan.

Jadi, yang pertama kali harus diusahakan adalah bagaimana mengusahakan kesehatan alat pencernaan sehingga nutrisi yang masuk bisa terserap dengan baik.

Masalah pencernaan merupakan keluhan banyak orang, tak terkecuali anak-anak. Situasi ini sebenarnya dapat diatasi dengan mengonsumsi probiotik, di mana senyawa ini mampu membuat proses pemecahan makanan dan penyerapan nutrisi dapat berlangsung secara optimal.

18 Februari 2024

Cara Menyapih Anak dari Dot

 Kalau minggu lalu tentang menyapih anak dari ASI. Hari ini saya mau menulis tentang pengalaman menyapih anak dari dot.

Sebagai ibu yang bekerja, dot ini sangat membantu sekali. Hal ini tidak bisa dipungkiri. 

Pemakaian dot sendiri lazim terjadi di masyarakat, sehingga bukan lagi hal aneh jika melihat anak bayi ngedot. 

Dot sendiri masih banyak kontroversinya ya. Selain bisa menjadi penyebab bingung puting, juga dampak dari penggunaan dot masih diperdebatkan.

Kapan dan Bagaimana Memulai Toilet Training

 Toilet training menjadi permasalahan tersendiri bagi para orang tua. Adanya kemajuan teknologi dalam bentuk popok sekali pakai membuat kenyamanan tersendiri dalam hal pengasuhan anak.

Sehingga ketika dihadapkan pada pertanyaan, "Kapan mau lepas diaper?". Duh, susah banget mau menjawab.

Popok sekali pakai atau biasa disebut diaper (bekennya malah pampers, padahal pampers ini salah satu merk diaper hehe). Memang memudahkan. Tidak perlu sering ganti, rumah bersih dari bau ompol dan cucian tidak menumpuk. Iya apa iya buk? 

11 Februari 2024

7 Cara Menyapih Anak dari ASI

 Saya termasuk sukses dalam menyusui si kakak. Selama 2 tahun oke banget dia dalam hal itu. Nah, setelah 2 tahun peer selanjutnya ya nyapih, yekan?

Seperti halnya proses menyusui, prose menyapih dari ASI juga butuh perjuangan buk. Gak cuma anaknya yang butuh disiapkan mentalnya. Tapi, ibunya juga.

Kenapa? Karena proses menyusui tuh indah banget bagi saya. Kayak dibutuhkan banget sama anak wkwk. Ibuk haus perhatian gini ini.

Kayaknya hidup tuh indah banget kalau lihat anak nyusu. Ikatan batinnya juga berasa. 

Tapi setelah 2 tahun, ASI sudah kehilangan perannya dalam hidup anak. Karena mereka sudah saatnya makan makanan riil. 

5 Cara Menyusui Bayi Baru Lahir

 Masa-masa menyusui merupakan masa yang nano-nano banget bagi saya. Ketika awal si kakak lahir, saya mengalami kesukitan ketika menyusui.

Jahitan sesar yang masih terasa merupakan kesulitan terbesar saya saat itu. Karena 2 hati dalam posisi berbaring. Awal melahirkan saya pun mencoba menyusui dengan berbaring miring. 

Sakit banget rasanya. Tapi rasa sakit bekas jahitan gak seberapa dibanding melihat bayi baru lahir tapi gak mau nyusu. Duh, panik banget saat itu.

4 Februari 2024

Masalah Berat Badan Anak

 Ada gak ibu-ibu di sini yang kelimpungan mikirin berat badan anak?

Jujur ya, masalah berĂ t badan nih udah dari si kakak usia 2 tahunan. Sejak usia tersebut penambahan Berat Badan si kakak tidak sesuai denganseharusnya

Beberapa kali sudah dicoba dengan berbagai cara, seperti menyiapkan masakan kesukaannya, menerapkan feeding rules yang bener, sampai ke ahli gizi juga udah dijalani. 

Cara Saya Meningkatkan Kualitas Hubungan Ketika Harus LDR dengan Anak

 Saat ini saya sedang menjalani LDR (Long Distance Relationship) dengan suami dan anak-anak. 

Karena kondisi saat ini anak-anak bersama bapaknya sedangkan berada di kota yang lain. Ini semua diawali saat pandemi.

Awalnya saya bersama anak-anak dan bapaknya yang sendirian di kota lain. Saat pandemi karena kondisi sangat mencekam dan saya diharuskan WFH (Work From Home) maka saya putuskan membawa anak-anak ke kota bapaknya. 

28 Januari 2024

Anak Tantrum, Harus Bagaimana?

 Hal yang membuat saya pusing tujuh keliling selain kebiasaan makan anak adalah menghadapi anak yang tantrum.

Walau anak-anak jarang sekali tantrum, sekalinya tantrum, bikin bingung bagaimana mengatasinya.

Tantrum sendiri bisa dikatakan sebagai kondisi saat anak mengeluarkan emosinya dengan beragam cara, antara lain menangis kencang, berguling-guling di lantai, sampai melempar barang. 

Secara umum, tantrum pada anak biasanya terjadi pada anak yang masih berusia 1-4 tahun karena ketidakmampuan anak dalam menjelaskan apa yang menjadi keinginannya.

Membiasakan Anak Untuk Tidur Tepat Waktu di Malam Hari

 Beberapa teman bercerita  kalau mereka sering sekali bergadang di malam hari dikarenakan anak yang tidak mau tidur juga.

Ada yang tidur sampai jam 12 malam dan bahkan lebih dari jam 12. 

Jujur saya prihatin sekali mendengar cerita mereka. Karena otomatis para orang tua juga harus bergadang menemani anak-anak mereka. 

Dan bangun di pagi hari untuk berangkat kerja juga. Kebayanglah bagaimana kalau itu berlangsung setiap hari.

21 Januari 2024

GTM (Gerakan Tutup Mulut) Pada Awal MPASI

 MPASI merupakan tahapan penting untuk perkembangan anak-anak. Makanan Pendamping Air Susu Ibu adalah makanan atau minuman bergizi seimbang yang diberikan kepada bayi berusia 6-24 bulan dengan takaran tertentu guna memenuhi kebutuhan gizi bayi. MPASI juga makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga namun tidak serta merta menggantikan peran ASI.



Sebagai ibu dari 2 orang anak. Menghadapi MPASI adalah saat-saat yang menegangkan.

Karena kebiasaan makan anak berawal dari sini. Begitu keberlanjutan perkembangan fisik dan psikis anak, juga sangat berpengaruh dari tahap MPASI ini.

Penanganan Batuk Pilek Pada Anak Balita

 Batuk dan pilek adalah penyakit yang sangat umum. Walau pun bisa dianggap penyakit yang biasa-biasa saja, jika dialami tetap saja merepotkan.



Hidung mampet, tenggorokan gatel, mau makan susah, belum lagi kalau diikuti dengan demam dan kepala pusing. Duh, komplit banget sakitnya.

Orang dewasa saja merasakan kesulitan ketika dihinggapi penyakit batuk pilek ini. Apalagi anak balita (bawah lima tahun), kasihan banget lihatmya.

15 Januari 2024

Menghadapi Rasa Cemburu Antar Saudara (Sibling Rivalry)

Rasa cemburu yang timbul pada saudara sekandung kerap terjadi. Terkadang untuk hal-hal kecil mereka sering bertengkar. Kalau pas badan enak dengerin anak-anak pada ramai, cuma ketawa-ketawa aja, tapi kalau pas badan capek, wadidaw puyeng buk wkwk.

Sibling rivalry bisa diartikan sebagai kompetisi antar saudara kandung, baik antar saudara kandung yang berjenis kelamin sama ataupun berbeda. Kompetisi ini diwarnai oleh rasa iri, cemburu, dan persaingan.

Sibling rivalry biasanya lebih lazim terjadi ketika jarak usia anak antara 1-3 tahun. Sibling rivalry akan terlihat lagi ketika umur mereka 3-5 tahun dan berlanjut pada umur 8-12 tahun pada usia sekolah, sibling rivalry lebih sering terjadi pada anak yang berjenis kelamin yang sama, khususnya perempuan

Gejala dan Penanganan Penyakit Diare Pada Anak

Musim hujan seperti ini harus hati-hati sekali karena anak-anak rentan terkena penyakit. Terutama penyakit diare. Diare adalah keluhan buang air besar encer atau berair yang terjadi lebih dari 3 kali dalam sehari. Diare umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit. Meski umumnya bisa sembuh dengan perawatan mandiri, diare kadang perlu ditangani dokter.

Diare bisa terjadi akibat jajan sembarangan, salah satunya mengonsumsi makanan kaki lima. Padahal, meski disukai banyak orang, kuliner pinggir jalan kadang tidak terjamin kebersihannya, misalnya karena disimpan tanpa ditutup sehingga terpapar debu atau kotoran. Akibatnya, orang bisa diare setelah makan jajanan pinggir jalan.

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum di Indonesia, terutama pada bayi dan anak-anak. Diare biasanya berlangsung tidak lebih dari 14 hari (diare akut). Namun, pada sebagian kasus, diare dapat berlanjut hingga lebih dari 14 hari (diare kronis).

Gejala dan Penanganan Penyakir Campak Pada Anak

 Campak atau rubeola adalah penyakit infeksi akibat paramyxovirus pada saluran pernapasan yang tergolong sangat menular. Penyakit yang juga dikenal dengan nama gabagen atau gabakan ini bisa terjadi cukup serius hingga fatal, termasuk pada anak. Kondisi ini dapat ditularkan lewat kontak langsung dan melalui udara.

Ketika si kakak terkena campak kemarin, gejala yang paling kentara adalah panas tinggi yang gak mau turun. diberi paracetamol hanya turun sebentar kemudian naik lagi. yang bikin deg-degan adalah panasnya mulai menanjak menjelang siang dan malam. jadi dikuatirkan gejala demam berdarah juga.

Di hari ke 3, si kakak kami bawa ke dokter dan dokter menyatakan kalau amandel dan memang berbarengan amandelnya agak bengkak. dan ada batuk sedikit. ternyata setealh minum obat 3 kali, panasnya kok belum turun juga, akhirnya kami cek laboratorium. hasil cek lab semua baik. Alhamdulillah. Bahkan leukositnya juga baik-baik saja tidak menunjukan adanya infeksi. bingung lagi kan yak? akhirnya diminta untuk menghabiskan 0oabtnya saja dulu.

Cara Penanganan Pasca Sakit Tipes Pada Anak

Penyakit tipes bukan hal asing bagi kami. Karena si kakak 4 tahun lalu mengalami sakit tipes dan harus opname. Sejak itu tipes menjadi momok sendiri bagi saya. Karena merasakan susah banget waktu itu.



Qodarullah, Desember tahun lalu si kakak kembali terkena penyakit tipes. Langsung lemes si ibuk hehe. 

Gejala Penyakit Tipes

Penyakit tipes ini tidak terlihat ketika di awal kemunculannya. Gejala awal panas tinggi yang naik turun. Karena itu jika demam tinggi sampai 3 hari belum sembuh, sebaiknya segera cek laboratorium. Agar jika memang terkena penyakit tipes segera bisa tertangani.

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design