5 Mei 2024

Membentuk Kemandirian Anak

 Bahasan kali ini agak berat yak hehe. Jujur, kami sebagai orang tua sangat menginginkan anak-anak bisa mandiri di usia 9 dan 5 tahun.

Tapi pada kenyataannya, membentuk kemandirian anak tidak semudah omongan hehe.

Ada beberapa hal menjadi penghambat dalam upaya kami membentuk kemandirian anak, antara lain:

1. Anak selalu minta diladeni

Untuk anak-anak usia anak saya, yang sulung 9 tahun dan 5 tahun. Anak-anak masih suka meminta tolong apa pun itu. Duh, peer banget ini mah. 

Karena itu pelan-pelan kami mencoba untuk mengajari apa-apa yang sekiranya bisa mereka lakukan sendiri.

Seperti menuang minuman di gelas, ambil botol/gelas sendiri, ambil nasi di magic com dan lain-lain.

2. Belajar makan sendiri

Untuk si adik usia 5 tahun, masih belum mau makan sendiri. Hampir setiap makan rame dulu kita perkara dia minta disuapin haha.

Ya, karena sama pembantu, si adik selalu disuapin kalau makan.

Pernah saya beri tahu mbaknya, tapi jawabanya, "Kalau makan sendiri tercecer kemana-mana, anaknya cuma makan sedikit jadinya, kasihan nanti masih lapar".

Momen yang aduh banget kan. Tapi pelan-pelan sudah dibenahi dan si adik sudah mulai mau makan sendiri.

3. Menbantu dalam kontek bermain

Karena usia mereka juga masih anak-anak, maka kami meminta mereka mengerjakan tugas rumah dalam konteks bermain, sehingga mereka happy waktu mengerjakan dan tidak merasa bahwa mereka sebenarnya sedang "bekerja".

Misalnya kalau kita menyiram tanaman di sore hari, mereka ikut membantu, tapi sambil main air dari selang. Diarahkankan ke tanaman dan halaman yang butuh air.

Senang? Jelas. Mana ada anak yang nolak main air hehe. Padahal mereka sedang mengerjakan perkerjaan rumah kan itu? Tapi mereka happy waktu mengerjakan.

4. Mengajari berani berbicara dengan orang asing

Ini bukan berarti mereka diajari untuk familiar dengan orang yang baru dikenal ya. Tapi lebih ke konteks bisa berkomunikasi dengan orang asing jika diperlukan.

Contohnya nih ketika kami ke minimarket, maka si kakak kami minta untuk membayar belanjaannya sendiri. 

Mereka kalau ke minimarket kan selalu ambil jajan tuh, nah, biar mereka bayar sendiri. Agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Mungkin ada saran dari teman-teman lain perihal membentuk kemandirian anak? Bisa lo sharing, karena saya masih harus banyak belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design