3 Maret 2024

Menambah Kepercayaan Diri Anak dengan Les

Anak pertama saya, termasuk anak kurang luwes dalam bergaul. Saat itu saya pikir karena masih anak-anak ya. 

Hingga ketika dia masuk TK, baru di situ terlihat kalau dia ada sisi introvertnya. Jadi, kalau mau tidur di malam hari, saya selalu bertanya tadi main apa saja kak? Sama siapa? Dan lain sebagainya.

Suatu ketika dia cerita kalau dia gak mau sekolah lagi. Dan alasanya karena kakak yang sering ajak dia main, sudah lulus duluan. 

Saya pun berkata, kan masih banyak teman lainnya kak. Jawabannya, kalau temen lain, aq gak pernah diajak main. Malah bikin ibunya overthinking kan ya kalau gini haha.

Ternyata si kakak mau main kalau ada yang mengajak, kalau tidak dia akan diam saja sambil liat temen-temennya main.

Bahkan ketika saya menyarankan kalau kakak bisa kok ngajak duluan. Diam malah anaknya.
Jujur ya, sedih banget dengernya. Tujuan di sekolahkan itu salah satunya supaya dia bosa bersosialisasi. Ternyata hampir 2 bulan dia belum merasa nyaman.

Akhirnya tanya sama guru yang mengampu dan itu benar. Kalau si kakak memang jarang main sama temen-temennya.

Hingga suatu ketika, saya mengajak si kakak untuk free trial di sebuah kursus musik. Tahun sebelumnya pernah saya ajak, tapi dia belum mau. 

Nah, ketika TK sudah bisa diajak diskusi, sehingga buat soundingnya lebih mudah untuk dikomunikasikan.

Sesampainya di sana, si kakak bisa mengikuti free trial dengan baik dan saya pun mengatakan bahwa, dicoba ya 1 bulan les musik di sini. Kalau kakak gak suka, gak pa-pa nanti gak usah les.

Alhamdulillah anaknya mau dong. Hepi banget rasanya. Les musiknya si kakak ambil piano ya.
Setelah berjalan 2 bulan, terdapat perubahan yang cukup bagus dalam sosialisasinya di sekolah. 

Mamah dari salah satu teman kakak cerita kalau anaknya minta mamahnya untuk memfoto dia dan kakak ketika pulang sekolah. Dan si kakak pun langsung action begitu gahu mau di foto haha.

Padahal kata mamahnya, selama ini gak oernah seperti itu. Sesampai di rumah, saya pun menanyakan hal itu, dan kakak membenarkan hal itu.

Perubahan si kakak setelah Les musik ini, dia semakin percaya diri. Mulai berani nyanyi maju ke depan tanpa disuruh, mulai mau bermain bersama temen-temennya. .

Dan hal ini perubahannya gak lama hitungannya. Cuma sekitar 2-3 bulan saja.
Ternyata dampak les bagus sekali di kakak. Dengan dia memiliki ketrampilan tertentu, dia lebih pede dalam bersosialisasi. 

Jadi, saya pikr bagus sekali kalau kita paham minat dan bakat anak dari dini sehingga ke delannya bisa diarahkan ke hal-hal positif. 
Dengan les, anak jadi tambah pinter, bersosialisasi bagus dan kepercayaam dirinya bertambah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design