31 Maret 2024

Menu Sahur Praktis Untuk Anak

 Ramadhan ini si kakak ikut puasa, alhamdulillah walau belum full sehari penuh tapi si kakak udah bisa mengikuti ritme berpuasa. Dari mulai sahur kemudian berbuka di siang hari. Setelah itu berpuasa lagi sampai magrib.



Untuk menyiapkan makanan sahur bagi anak-anak nih susah-susah gampang ya. Bahkan orang dewasa pun sering malesnya kan kalau disuruh sahur, apalagi anak-anak. 

Karena itu untuk sahur, saya berusaha menyiapkan makanan yang disukai si kakak. Jadi, harapannya si kakak lebih semangat untuk sahur.

Untuk sahur tentu saja kita harus pilih yang praktis ya, karena waktunya sedikit sekali untuk menyiapkan makanan.

Butuh yang sat set, kemudian disantap karena dikejar sama waktu kan ya ketika sahur. Terlebih lagi peer si kakak adalah berat badannya juga termasuk kurang. Jadi, harus pinter-pinter nih menyiapkan menu untuk sahur. Harus dimaksimalin menu makannya yang tinggi kalori.

Menu tinggi kalori yang bisa menambah berat badan anak-anak itu yang masuk ke tinggi protein hewani. Sehingga sering saya hanya menyiapkan lauk protein hewani saja tanpa nasi. Kalau menu tinggi protein hewani ini habis di waktu makan sahur, duh, udah bagus banget. Ibuk bahagia bangets  

Karena itu saya menyiapkan beberapa lauk praktis homemade. Emang agak repot ya, enakan yang frozen instan, tapi disini kita kan pengen anak lebih sehat dan berat badannya naik. Jadi, diusahakan sebisa mungkin makan makanan real food homemade.

Beberapa makanan yang saya siapkan untuk si kakak antara lain:

1. Kaki naga

Kaki naga ini dibuat dari daging ayam ya, jadi daging ayam digiling dikasi bumbu dan dibentuk seperti pentungan kecil gtu, bisa dibentuk pakai tusuk sate atau kayu es krim.

2. Nugget homemade

Meracik dan membuat nugget homemade sebenarnya gampang, yang lama itu ketika melapisi nugget dengan tepung, telur dan tepung panir.

Duh, bener-bener tugas yang cukup melelahkan haha.

3. Ayam popcorn

Nah, ini menu terbaru yang saya siapkan karena baru tahu hehe. Rasanya gurih banget. Anak-anak pasti suka.

4. Ayam ungkep

Ayam diungkep dengan bumbu rempah. Bisa disesuaikan sesuai selera anak dan juga tingkat keempukannya. 

Fyi, kakak gak suka yang keras-keras, jadi dipastikan dia suka teksturnya. Ayam ini kalau si kakak kasih nama, "ayamnya ibu " haha

5. Telur

Telur nih sumber protein murah meriah, mudah di dapat dan bergizi tinggi. Dan anak-anak suka tentu saja. 

Untuk kalori yang lebih tinggi, bisa pakai telur bebek ya bukibuk. Tapi kalau susah carinya, telur ayam biasa juga udah bagus banget.

Si kakak sering saya kasi dobel protein hewani, misal nugget sama telur, atau ayam sama telur dan lainnya. 

Biar dia gak bosen juga makan lauk yang sama. Alhamdulillah selama bulan ramadhan berat badannya naik bagus. Bahagianya ibuk. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design