21 Januari 2024

GTM (Gerakan Tutup Mulut) Pada Awal MPASI

 MPASI merupakan tahapan penting untuk perkembangan anak-anak. Makanan Pendamping Air Susu Ibu adalah makanan atau minuman bergizi seimbang yang diberikan kepada bayi berusia 6-24 bulan dengan takaran tertentu guna memenuhi kebutuhan gizi bayi. MPASI juga makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga namun tidak serta merta menggantikan peran ASI.



Sebagai ibu dari 2 orang anak. Menghadapi MPASI adalah saat-saat yang menegangkan.

Karena kebiasaan makan anak berawal dari sini. Begitu keberlanjutan perkembangan fisik dan psikis anak, juga sangat berpengaruh dari tahap MPASI ini.

Banyaknya kasus stunting di masyarakat, membuat pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap masalah stunting ini. 

Dan semua masalah dimulai dengan masa-masa MPASI. sudah kebayang kan, bagaimana pentingnya masa-masa ini.

Ketika si kakak MPASI, hal pertama yang bikin patah hati itu, setiap disuapi, makanannya disembur sodara-sodara wkwk. Bener-bener disembur ya.

Kalau inget itu, sekarang bisa sih ketawa-tawa. Tapi dulu, stresnya luar biasa wkwk. Khawatir banget lan kalau anaknya berat badan kurang dan lain-lain.

Kalau ditanya kenapa anak kok GTM di awal MPASI? Jawabannya bisa beragam sih ya, tapi yang pasti seperti kita juga belajar jadi orang tua, anak-anak juga belajar banyak hal sejak mereka lahir ke dunia. 

Sepertj belajar mennghisap susu ibu, belajar berkomunikasi hingga belajar makan.

Jadi, jangan putus asa dulu ya buibu, kalau anaknya nyembur makanan seperti anak saya. Mereka lagi belajar, buk.

Sama halnya kita ketika belajar hal baru, gak semua langsung bisa kan? Apalagi ini anak bayik, buk.

Jadi, banyakin sabar aja, sambil berpikir bagaimana caranya, si bayi mau makan haha.

Kalau stok sabarnya mulai menipis, diinget aja buk, betapa lucunya pas bocil nolak makanan. Kalau berat badannya mulai stagnan, diinget aja kalau si bayik lagi perkenalan sama makanan.

Kita sebagai ibu, memang dituntut kreatif sekali dalam pengolahan makanan. Kalau dalam bentuk bubur disembur, ya dicoba dengan tekstur yang lebih kasar. Kalau mulai bosen sama tekstur lama, bisa dikenalkan dengan finger food.

Pinter-pinternya kita aja nih mensiasati GTM si bayik. 

Ada satu hal yang sering saya tanyakan ketika ada temen yang curhat masalah anaknya yang GTM yaitu: anaknya sudah rutin sikat gigi?

Rutin sikat gigi bagi bayi ini pengaruh banget dengan kemampuan mengunyahnya buibu. Jadi, bila anak GTM, bisa dicoba anak mulai dirutinkan sikat gigi.

Untuk anak di bawah 1 tahun ada sikat khususnya. Bisa di beli di toko peralatan bayi. Gak perlu pakai odol ya buk. Ntar aja kalau giginya udah nongol banyak.

Kegiatan menyikat gigi ini untuk menstimulasi gerakan mengunyah bagi anak.

Jadi, buibu silakan dicoba ya. Semoga berhasil. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design