15 Januari 2024

Cara Penanganan Pasca Sakit Tipes Pada Anak

Penyakit tipes bukan hal asing bagi kami. Karena si kakak 4 tahun lalu mengalami sakit tipes dan harus opname. Sejak itu tipes menjadi momok sendiri bagi saya. Karena merasakan susah banget waktu itu.



Qodarullah, Desember tahun lalu si kakak kembali terkena penyakit tipes. Langsung lemes si ibuk hehe. 

Gejala Penyakit Tipes

Penyakit tipes ini tidak terlihat ketika di awal kemunculannya. Gejala awal panas tinggi yang naik turun. Karena itu jika demam tinggi sampai 3 hari belum sembuh, sebaiknya segera cek laboratorium. Agar jika memang terkena penyakit tipes segera bisa tertangani.

Jika penyakit tipes tidak segera tertangani, anaknya semakin lemes karena gak doyan makan minum, kepala pusing dan perutnya sakit.

Perut sakit ini bisa terjadi karena sembelit atau malah sebaliknya mengalami diare. 

Dikhawatirkan bila lambat tertangani, anak bisa mengalami dehidrasi atau bakterinya bisa menyebar ke bagian tubuh lain (kata dokter anak ya). 

Karena itu ketika opname, si kakak diminta rontgen paru-paru juga. Untuk memastika kalau paru-parunya baik-baik saja.

Penanganan Penyakit Tipes di Rumah Sakit

Jika sudah tertangani di rumah sakit, maka langkah berikutnya kita harus selalu memberikan support ke anak. Menghibur dan membuatnya ada keinginan cepat sembuh.

Karena kondisinya memang lemes gitu buibu. Kasihan lihatnya. Waktu opname, saya sempet nangis lihat anaknya lemes gitu.

Penanganan pasca opname 

Penanganan pasca opname dari penyakit tipes itu bikin deg-degan banget buk. Ya gimana tidak, makanannya harus hati-hati sekali. Gak bisa pedes, kecut, dan yang keras-keras. Segala micin dan teman-temannya gak boleh buk wkwk.

Dan untuk pemberian obatnya juga harus on time. Gak bisa maju atau mundur jamnya. Jafi bener-bener semua dikontrol.

Pemberian probiotik jangan lupa ya buibu. Karena penyakit tipes ini pencernaannya yang bermasalah. Probiotik ini untuk memperbaiki kesehatan pencernaannya. 

Sedangkan untuk makanannya disarankan makanan tinggi karbohidrat, seperti nasi, kentang dan ketela. Sedangkan buah yang disarankan adalah pisang dan alpukat. Untuk protein hewani daging merah tidak terlalu disarankan, justru daging ayam, telur ayam aerta ikan-ikanan lebih baik.

Perawatan pasca penyakit tipes ini minimal selama sebulan ya buibu, harus dihati-hati asupan makanannya. 

Bahkan setelah terkena penyakit tipes, kemungkinan penyakit ini timbul lagi sangat mungkin. Sehingga anak-anak perlu diedukasi untuk 

1. rajin cuci tangan sebelum makan atau setelah beraktifitas di luar rumah. 

2. Minum minuman matang. Lebih baik jangan jajan sembarang tempat. Bagus lagi bila membawa bekal dari rumah jika bersekolah.

3. Kebersihan makanan dari rumah lebihbterjaga daripada makanan dari luar. 


0 komentar:

Posting Komentar

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design