2 Agustus 2017

5 Manfaat Mengikuti ODOP (One Day One Post)

5 Manfaat Mengikuti ODOP (One Day One Post)Apa sih ODOP itu? ODOP singkatan dari One Day One  Post. Jadi, kita posting/menulis setiap hari di blog selama waktu yang ditentukan. Dulu sekali saya pernah mengikuti kegiatan sejenis ini. Dan yang ikutan banyak banget loh. Inget banget dulu setiap hari chat teman menanyakan, "Udah posting belum?" Kalau jawabannya 'sudah', widih langsung ngebut gak mau kalah haha.



Awalnya buat seseruan bareng teman ketika ikut program ini. Dan setelah kelar kegiatannya, saya jadi tau beberapa poin manfaat mengikuti ODOP ini.


5 manfaat program ODOP versi saya, adalah:

1. Update Blog
Poin utama dari ODOP ya jelas untuk meng-update blog. Jadi kalau pengen blognya terisi, cobalah ikutan ODOP, dijamin, blog yang lumutan jadi cerah ceria lagi karena berisi cerita yang beragam, dari mulai curahan hati, tips-tips, sampai resep.

2. Menjaring Pembaca Baru
Dengan blog yang ter-update setiap hari, otomatis kita akan berusaha promosi setiap hari melalui sosial media yang kita miliki. Secara langsung atau tidak langsung akan ada teman atau follower yang memperhatikan dan mungkin saja malah jadi pembaca baru blog kita. Mendapat pembaca baru berarti mendapat teman baru. Dan hal tersebut bisa memperluas silahturahmi walau hanya lewat media sosial pada awalnya, tidak menutup kemungkinan bisa berlanjut berteman di dunia nyata.

3. Membiasakan menulis
Saya pernah membaca dalam sebuah buku motivasi, bahwa untuk membiasakan satu kebiasaan baik, kita perlu melakukan kebiasaan itu selama minimal 30 hari. Jika sukses melakukan secara rutin, kebiasaan itu kemudian menjadi kebutuhan. Memiliki kebutuhan menulis tentu hal yang penting banget untuk seorang blogger, bukan?

4. Menajamkan pikiran dan perasaan
Menulis setiap hari walau cuma berkisar 300-500 kata bukan hal mudah bagi saya. Karena selama itu saya harus punya ide baru yang harus jadi tulisan. Karena 'dipaksa' harus menulis, saya jadi lebih memperhatikan lingkungan dan menganalisa banyak hal yang kiranya bisa saya angkat untuk dituliskan. Hal yang remeh pun bisa jadi menarik jika kita bisa memandang dari sisi yang lain.

5. Mendatangkan job
Dih, poin 5 ini bisa bikin jadi semangat ya hehe. Dengan blog yang ter-update dan berisi konten yang bagus serta banyaknya pembaca blog kita, biasanya para pemberi job langsung melirik tuh. Honornya berapa? Ya, tergantung dari nilai blog, kalau bargain position-nya bagus, honor yang di dapat juga bagus. Kalau di awal baru bisa menghasilkan sedikit, terus semangat untuk mengisi blog ya.

Karena 5 manfaat tersebut saya pun termotivasi untuk mengikuti ODOP yang diselenggarakan oleh komunitas Blogger Muslimah. Apalagi akhir-akhir ini ada saja alasan saya sehingga blog berdebu hiks. Karena itu mumpung ada niat dan ketentuan ODOP ini tidak terlalu ketat, saya coba untuk ikutan. Mudah-mudahan dengan mengikuti ODOP ini semangat menulis dan berbagi lewat tulisan menyala kembali (yaelah bahasanya haha)

#ODOP #BloggerMuslimah


8 komentar:

  1. Setuju sama yang nomor empat: menajamkan perasaan dan pikiran. Biar makin peka, Insya Allah ^^

    BalasHapus
  2. saya coba ah si ODOP, Buat motivasi nge-Blog.

    BalasHapus
  3. Yg pasti memempa diri utk lbh produktif. Saya juga pernah ikutan. Jd berasa tantangan tersendiri

    BalasHapus
  4. Wiihh keren nih kegiatanya, saya pernah satu bulan nyoba ODOP sendiri. Itupun udah ngedraft sebelumnya. Kalau gak ngdraft susah...

    BalasHapus
  5. wah mau sekali ikut ODOP neh, tapi apa daya sya setiap bulan paling cma 10 artikel yg dipublish,, mungkin ini jadi tantangan kalau ikut. Semoga

    BalasHapus
  6. Saya juga pernah tau program yang seperti ini. Yang saya tau namanya "Daily Post". Saya baru dalam minggu ini menerapkan satu posting per hari mbak, karena emang mau mulai serius blogging lagi dan semoga bisa meraup sedikit rezeki untuk beli nasi sehari-hari hahaha

    Doakan semoga bisa lancar ya mbak hehe :D

    Terima kasih atas sharingnya mbak

    BalasHapus
  7. Mau ikutan masih ragu nih mba �� menantang banget ya

    BalasHapus
  8. setelah itu tantangan berikutnya sharing tulisan... :)

    BalasHapus

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design