March 6, 2018

Cara Pijat Bayi 0 Bulan s/d 3 Tahun

Bagi orangtua, anak adalah harapan. Orang tua selalu berharap anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga ia bisa menjadi SDM yang berkualitas dan tangguh. Tingkat pertumbuhan dan perkembangan seorang anak dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan, di antaranya adalah:


  • Faktor lingkungan
  • Genetik
  • Perilaku, dan
  • Stimulasi atau rangsangan

Faktor yang terakhir, yaitu rangsangan atau stimulasi, memiliki peran sangat penting dalam membantu tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun emosional. Salah satu bentuk stimulasi yang umum kita temukan di masyarakat luas adalah pijat. 


Cara pijat bayi saat ini bisa kita pelajari dengan mudah melalui video atau buku-buku, termasuk juga internet. Sehingga, orang tua di rumah bisa memijat sendiri bayi mereka. Pijatan dari orangtua akan membuat bayi merasa lebih aman dan nyaman. Sering melakukan pijat terhadap bayi juga bisa membantu menguatkan ikatan batin antara orang tua dan anak.


Memijat bayi sebenarnya sudah boleh dilakukan sejak bayi tersebut baru lahir. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pijat bayi, diantaranya:

  • Cara memijat bayi harus disesuaikan dengan usianya. Bayi yang baru lahir dan berumur 0-1 bulan, metode pijatnya adalah dengan cara dielus-elus
  • Tangan harus dalam keadaan bersih (sudah dicuci dengan sabun dan air mengalir). Lalu dikeringkan dan harus dalam keadaan hangat
  • Tangan harus bebas dari benda-benda yang dapat menyebabkan goresan pada kulit bayi
  • Waktu terbaik untuk memijat bayi adalah ketika bayi dalam keadaan kenyang (sudah makan), bukan sebaliknya, ketika lapar
  • Pijatlah di ruangan yang nyaman dan hangat serta memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Bayi harus dibaringkan di atas permukaan yang rata, lembut, dan bersih
  • Siapkan perlengkapan pijat, mulai dari minyak atau baby oil, popok, baju ganti, dan handuk
  • Komunikasikan dengan bayi sebelum melakukan pijatan. Misalnya, kamu bisa meminta izin terlebih dahulu kepada bayi sebelum mulai membelai wajah, tubuh, dan bagian tubuhnya yang lain

Berikut pilihan minyak pijat terbaik untuk bayi:

  • Minyak zaitun
  • Baby oil
  • Minyak telon

Peringatan!

Hindari menggunakan minyak aromatherapy yang terlalu keras atau minyak pijat yang menyebabkan kulit menjadi panas.


  • Bayi umur 0-1 bulan dipijat dengan gerakan mengusap-usap yang lembut
  • Bayi umur 1-3 bulan bisa dipijat dengan tekanan ringan
  • Bayi umur 3 bulan s/d 3 tahun bisa dipijat dengan meningkatkan sedikit tekanan. Mereka bisa dipijat selama 10-15 menit
  • Cara memijat kaki bayi. Bisa dimulai dari pangkal paha, kemudian lakukan gerakan memeras dan memijat hingga pergelangan kaki
  • Memijat telapak kaki bayi bisa dilakukan dengan menggunakan kedua ibu jari (tangan kiri dan kanan) secara bergantian. Dimulai dari ujung tumit hingga jari-jari kaki
  • Pijatan pada punggung kaki bayi bisa dilakukan dengan mengurut secara lembut seluruh bagian punggung kaki dengan menggunakan kedua ibu jari
  • Memijat di area perut bisa dilakukan dengan menggerakkan kedua tangan ke atas dan ke bawah secara bergantian seperti mengayuh sepeda. Namun ingat! hindari memijat pada bagian tulang rusuk atau ujung tulang rusuk bayi
  • Cara memijat punggung bayi adalah dengan membuat gerakan seperti shape jantung atau hati
  • Untuk memijat tangan (lengan) bisa dilakukan seperti memijat kaki

Cara pijat bayi di atas adalah gambaran singkat mengenai metode memijat bayi yang benar. Selama melakukan pijatan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal lainnya seperti, buatlah suasana yang menyenangkan ketika memijat bayi. Jangan memijat bayi langsung setelah makan. Dan, jangan memijat bayi ketika ia sedang sakit.

23 comments:

  1. jujur memijat bayi ini dilakukan bukan orang sembarangan soalnya bayi tulangnya masih sangat rapuh
    harus dilakukan oleh orang berpengalaman dan harus dilakukan dengan hati2

    ReplyDelete
  2. waktu anak-anakku masih bayi, biasanya dipijat sendiri oleh neneknya. Memang sih, setelah pijat tidurnya lebih nyenyak dan makannya jadi lebih banyak...

    ReplyDelete
  3. noted mbaak, minyak aromatherapy terlalu keras yaaa.
    awal2 masih suka dipijat si bayi2, tapi sekarang udah nggak pernah lagi nih mbaak

    ReplyDelete
  4. Aku masih takut-takut buat memijit bayi. Takut salah atau ada titik yang nggak boleh dipijit sembarangan.

    ReplyDelete
  5. anakku memang suka banget di pijit kalau mau tidur dan habis mandi, bikin dia senyum-senyum bahagia.

    ReplyDelete
  6. Ternyata kalau mijit bayi malah pas keadaan kenyang ya... Selama ini di daerah saya malah sebelum makan, khawatir kalau muntah.

    ReplyDelete
  7. Ternyata mijat bayi juga ada ilmunya ya mbak sulis. Saya kira gada ilmunya dan teknik khusus memijat bayi, sangat bermanfaat buat buibu yang punya bayi nihhh

    ReplyDelete
  8. Ohiya ... Memijat bayi usahakan dalam kondisi mood baby bagus, begitu yg kubaca2. Dan biasanya saya mijat si kecil sebelum mandi hihhihi, suka dia. Mgkn enak ya lbak dielus2 gt.

    ReplyDelete
  9. Ilmu penting ini, Mbak, cara memijat bayi. Makasih banyak ya, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Wah jadi harus hati hati ya, kalau mau pijit si bayi, harus di bawa ke tukang urut khusus bayi nih... Agar tidak salah salah, bayi tetap ceria ibu pun senang

    ReplyDelete
  11. Saya mah suka parno kalau mijit2 bayi usia muda gitu. Selama ini keluarga palingan diserahkan sama yg lbh ahli

    ReplyDelete
  12. Sangat bermanfaat nih! Semoga penulisnya selalu diberi keberkahan!

    ReplyDelete
  13. Anak2 saya termasuk yg jarang dipijat dari bayi, tp skrg sih mulai saya pijet2 sendiri :D

    ReplyDelete
  14. rasanya pengen jadi bayi lagi nih...biar ngerasaan pijitan empuk

    ReplyDelete
  15. Nah, pijatan dari orang tua sendiri akan lebih nyaman dan mengena di bayi, ya Mbak ketimbang menggunakan jasa pijat tradisional yang biasa pijat orang dewasa dan bayi, yang mana tekanan pijatannya keras buat bayi.

    ReplyDelete
  16. Jadi ingat dulu, waktu anak-anak masih bayi. Saya senang sekali kalau mijat anak-anak, mereka suka tertawa senang.

    ReplyDelete
  17. anakku jg suka dipijat ibunya, hehehe

    ReplyDelete
  18. Dulu saat anak saya masih bayi, suka dipanggilkan pemijat khusus bayi mbak. Seorang ibu yang udah agak sepuh. Kadang kalau pas dipijat sampai nangis keras-keras, tapi setelah itu tidurnya nyenyak.

    Kalau mijit sendiri nggak berani, takutnya salah pijit hehe..

    ReplyDelete
  19. Memijat bayi ini gak sembarangan ya. Karena tubuhnya masih lemah, jadi harus hati-hati.

    ReplyDelete
  20. Bayiku selalu kupijat2 ini rupanya bisa membangun bonding antara ibu dan anak, selain itu anak kuajarkan ngomong. eh beneran bulan udah bisa manggil bapaknya :D

    ReplyDelete
  21. ilmu baru nih.. makasih banyak kak, bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah...anak-anakku dulu pas kecil juga rutin dipijat oleh neneknya. Kurang lebih caranya juga seperti di artikel ini

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design