February 15, 2018

Tips Menikmati Wisata Pantai dengan Keluarga dan Anak-Anak

Pantai banyak dipilih sebagai destinasi wisata karena dianggap sebagai salah satu tempat yang bisa memberikan banyak kesenangan dan ketenangan. Di pantai, hamparan pasir putih yang membentang adalah tempat yang paling asyik untuk jalan-jalan dan bermain. Anak-anak selalu bisa menikmati pasir pantai dengan berbagai cara, mulai dari membuat istana pasir, berlari, bermain bola, hingga mengubur diri.





Air juga selalu bisa membuat anak-anak maupun orang dewasa lupa waktu. Di samping keseruan mandi dan berenang di pantai, suara debur ombak juga bisa memberikan rasa tenang pada siapapun yang mendengarnya. Menurut penelitian, suara air dapat memberikan kedamaian di dalam jiwa. Itulah sebabnya mengapa banyak ahli kesehatan yang menyarankan kita untuk sering-sering pergi ke pantai jika ingin menghilangkan stres.


Walaupun wisata pantai menawarkan banyak kesenangan, namun bukan berarti semua pantai aman untuk dikunjungi. Lebih-lebih bagi mereka yang membawa serta keluarga (anak-anak). Nah, agar kegiatan jalan-jalan (liburan) ke pantai tetap bisa menyenangkan dan memberikan banyak kesan yang tak terlupakan, berikut adalah tips menikmati wisata pantai bersama anak-anak dan keluarga.

1.      Pilihlah pantai yang landai dan dangkal. Di Indonesia, yang pasti... ada banyak pantai indah dan menarik. Tidak sedikit diantaranya yang menjadi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun tentu saja, tidak semua pantai-pantai indah tersebut menawarkan kontur yang landai dan dangkal. Beberapa di antaranya justru memiliki kontur pantai yang agak curam sehingga tidak aman bagi anak-anak. Berikut adalah beberapa referensi pantai dangkal yang cocok untuk anak-anak:

a)         Pantai Padang-padang di Bali
b)        Pantai Balekambang di Kabupaten Malang
c)         Pantai Kuta di Lombok
d)        Pantai Santolo di Garut
e)         Pantai Santai di Ambon
f)         Pantai Lampuuk di Banda Aceh
g)        Pantai Pangumbahan di Sukabumi

2.     Pantai yang tidak banyak batu karangnya. Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Beberapa di antara mereka sangat aktif dan gemar berlari serta meloncat. Apalagi kalau sudah ketemu air dan pantai. Oleh sebab itu, orang tua wajib menjaga mereka dengan memilihkan tempat-tempat yang paling aman bagi mereka agar mereka bisa berekspresi sebebas mungkin. Ketika memilih pantai, pilihlah pantai yang berpasir lembut dan bebas batu karang. Pantai seperti ini merupakan pilihan yang paling aman bagi mereka jika ingin bermain dan berlari karena batu karang bisa sangat berbahaya.

3.     Pilihlah pantai yang ombaknya tidak terlalu besar. Beberapa pantai memiliki karakter ombak yang cenderung tenang. Dan beberapa pantai yang lain ada yang memiliki ombak tenang pada musim-musim tertentu. Beberapa contoh pantai dengan ombak tenang diantaranya adalah Pantai Tanjung Aan di Lombok dan Pantai Padang-padang di Bali.

4.     Pilihlah pantai yang memiliki fasilitas lengkap, mulai dari gazebo (tempat berteduh), toilet, alat bermain (pelampung, kano, dll), dan warung yang menyediakan aneka rupa makanan maupun minuman

5.         Pilihlah pantai-pantai yang menyediakan lifeguard (penjaga pantai)

3 comments:

  1. Saya baru tahu mba, di Lombok ada pantai Kuta. Kirain cuma di Bali (tepok jidat).

    ReplyDelete
  2. Bulan dpn diajak suami ikut ke pantai pengandaran tp aku milih gak ikut, anak2 masih terlalu kecil :D

    ReplyDelete
  3. aku belum pernah ngajak arkaan yang pantainya ada pasir ni, makasih infonya ya

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design