December 22, 2017

Selain Memasang Dasi, Berikut 5 Keterampilan Dasar yang Wajib Dikuasai oleh Remaja

Apa pentingnya keterampilan dasar?

Walaupun terdengar sangat sepele dan bisa dipelajari dengan mudah, namun keterampilan dasar dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Mereka yang tahu dan mau menerapkan keterampilan dasar berpakaian misalnya, cenderung memiliki attitude yang baik dan sering berpakaian pantas serta rapi di tempat, kondisi, dan situasi yang tepat.



Walaupun banyak orang tahu dan sudah mempelajari keterampilan dasar sejak usia dini, namun sayangnya banyak diantara mereka yang justru tidak menerapkannya setelah memasuki usia remaja dan dewasa. Apa sebabnya?


Walaupun banyak orang yang sudah mempelajari keterampilan dasar sejak dini, namun mereka kadang-kadang tidak menyadari apa yang sedang mereka pelajari. Pasalnya, keterampilan dasar tersebut seringkali hanya berwujud praktik saja tanpa teori dan penjelasan panjang lebar.

Berbagai keterampilan dasar sangat kita butuhkan ketika menghadapi situasi dan kondisi tertentu. Misalnya, ketika kita bekerja di kantor, biasanyakita dituntut mengenakan pakaian yang pantas dan rapi lengkap dengan dasi. Masalahnya muncul bukan pada bagaimana kita mengenakan pakaian yang rapi dan sesuai dengan peraturan kantor, tapi kadang-kadang masalahnya muncul saat kita dipaksa memakai dasi yang selama ini mungkin tidak pernah kitapelajari bagaimana cara memakainya?

Cara memasang dasi yang benar dan rapi merupakan salah satu bagian dari keterampilan dasar berpakaian yang perlu dipelajari di zaman modern ini. karenaada banyak tempat dan waktu dimana kita dituntut mengenakan dasi. Misal, ketika bekerja di kantor, saat kuliah, ketika menghadiri acara-acara resmi, dan lain-lain.

Selain keterampilan dasar di atas, ada 5 keterampilan dasar lainnya yang perlu dikuasai oleh seorang remaja jika ingin eksis di dunia modern. Apa saja? Berikut di antaranya.

1. Keterampilan memasak

Siapa bilang keterampilan memasak hanya untuk kaum hawa saja. Seorang laki-laki juga perlu bisa dan tahu bagaimana cara memasak. Mereka harus menguasai bagaimana cara memilih sayur, ikan, daging yang segar dan masih baik. Termasuk harus tahu berbagai macam bumbu yang digunakan untuk memasak.

Mengapa kita perlu menguasai keterampilan memasak? Karena ketika sudah lulus SMP atau SMA, kita kadang dituntut untuk hidup mandiri saat kuliah di luar daerah atau di luar negeri. Disinilah keterampilan memasak sangat dibutuhkan. Manfaatnya adalah, agar kita tidak tergantung dengan membeli makanan di luar yang kadang-kadang tidak sehat atau tidak ramah kantong.

2. Keterampilan mengelola uang

Ini adalah keterampilan dasar yang juga perlu dipelajari oleh setiap kita. Setiap remaja wajib menguasai cara mengelola uang agar mereka tidak hidup boros, agar bisa berhemat, tahu cara berinvestasi, dan tahu cara menghasilkan uang. Tidak pandai mengelola uang akan membuat remaja kesulitan hidup di tengah persaingan yang ketat.

3. Menjaga kesehatan dan keselamatan

Banyak orang menguasai dan mengetahui keterampilan dasar ini. Namun sayangnya banyak di antara mereka yang tidak mempraktekkannya. Misalnya, untuk menjaga kesehatan kita tidak boleh merokok dan rajin berolahraga. 

Tapi kadang-kadang, lingkungan bikin kita terpengaruh sehingga malas berolahraga dan terbiasa merokok.

Selain itu, menjaga keselamatan diri dengan menggunakan helm saat mengendarai kendaraan roda dua juga sering diabaikan hanya karena malas, ingin terlihat keren, dan lain-lain. Padahal helm sangat penting untuk mencegah kejadian fatal saat kecelakaan.

4. Keterampilan berkomunikasi

Keterampilan dasar berkomunikasi sangat dibutuhkan untuk berbagai hal mulai dari mencairkan suasana yang tegang, berkenalan dengan orang baru, mengapresiasi, negosiasi, hingga memberi dan menerima feedback.

5. Keterampilan menggunakan teknologi

Teknologi, terutama gadget dan kendaraan wajib dikuasai oleh setiap remaja. Karena di zaman ini, teknologi banyak dimanfaatkan untuk mendukung pekerjaan. Mulai dari smartphone, laptop, hingga mobil.

0 comments:

Post a Comment

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design