December 11, 2017

Mengapa Wisata Pantai adalah Pilihan Tepat untuk Liburan Keluarga?

Pantai merupakan salah satu destinasi liburan paling populer selain objek wisata alam. Karena selain panorama alamnya yang indah, pantai juga menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Mulai dari udaranya yang bersih, air lautnya yang bermanfaat untuk kulit, hingga sinar matahari yang melimpah.



Tidak hanya baik untuk orang dewasa, pantai juga sangat cocok apabila dijadikan sebagai destinasi wisata untuk anak-anak. Karena anak-anak sudah pasti menyukai air dan pasir.

Wisata pantai Indonesia yang cocok untuk destinasi liburan keluarga sebenarnya cukup banyak. Contohnya:

  • Pantai Padang Padang di Bali
  • Pantai Tanjung Aan di Lombok
  • Pantai Indrayanti di Yogyakarta
  • Pantai Drini di Yogyakarta
  • Pantai Goa Cina di Malang
  • Pantai Kuta di Bali, dan lain-lain

Mengapa pantai menjadi salah satu rekomendasi tujuan liburan keluarga?

Ada banyak alasan mengapa pantai merupakan destinasi wisata paling tepat untuk keluarga, di antaranya adalah karena:

Air dan pasir menyenangkan untuk anak-anak maupun orang dewasa

Air dan pasir adalah dua hal yang pasti akan selalu kita temukan ketika pergi ke pantai. Mandi atau berenang di pinggir pantai bisa membuat jantung menjadi sehat. Bahkan jika kita sekedar jalan-jalan di atas pasir, hal tersebut sangat bermanfaat untuk membantu membakar sejumlah kalori.

Tidak terkecuali anak-anak yang selalu bisa menikmati suasana seru ketika pergi ke pantai. Dimanapun mereka menemukan air, mereka selalu bisa menikmatinya, tidak peduli bagaimanapun caranya. Jadi jangan heran kalo melihat mereka sibuk menggali pasir, membuat istana pasir, hingga mengubur diri.

Udara pantai, bersih dan menyehatkan

Selain hutan dan gunung, tempat dimana kita bisa menikmati udara bersih yang sehat adalah di pinggir pantai. Menurut penelitian, pantai adalah salah satu tempat di dunia ini yang memiliki udara paling segar dan bebas polusi. Bahkan, sejumlah penelitian lain menunjukkan bahwa kadar oksigen yang tinggi; dan udara laut yang bersih, keduanya dapat membantu meringankan penyakit asma.

Pantai menawarkan banyak alternatif permainan seru

Tidak hanya bisa berenang dan bermain pasir, saat berlibur ke pantai, kita pun bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik seperti:
  • Menyelam (scuba diving)
  • Snorkeling, terutama jika Anda berlibur ke pantai-pantai yang terkenal punya terumbu karang indah
  • Berselancar atau belajar berselancar
  • Menyaksikan sunset
  • Menikmati aneka wahana permainan air seperti: jet ski, kano, banana boat, dan lain-lain

Air laut bisa membantu melawan infeksi

Ketika mendapatkan luka terbuka lalu dibasuh dengan air garam, rasanya pasti sangat perih. Namun ternyata, rasa perih tersebut merupakan indikasi bahwa air garam sedang membersihkan luka dari bakteri dan jamur.

Karena menurut ahli kesehatan, air garam memiliki sifat anti-bakteri dan sifat anti-jamur yang sangat bermanfaat untuk melawan infeksi eksternal. Tidak hanya itu, ahli kesehatan juga meyakini bahwa air garam bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi infeksi internal.

Kandungan yodium yang terdapat di dalam air garam/air laut juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus bisa membantu fungsi kelenjar tiroid.

Kualitas tidur meningkat setelah pergi ke pantai

Walaupun Anda hanya menghabiskan waktu beberapa jam saja di pantai, hal itu dirasa sudah cukup untuk meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari. Bagi para penderita insomnia, pantai bisa menjadi alternatif obat alami untuk mengatasi masalah kesulitan tidur tersebut.

Pantai adalah destinasi wisata yang sangat direkomendasikan karena bisa membantu melawan stres dan kecemasan, bisa membantu mengurangi kelelahan fisik, hingga bisa membantu menyeimbangkan hormon tubuh.

0 comments:

Post a Comment

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design