December 13, 2017

Manfaat Anak Bermain di Luar dan Cara Mencegah Cacingan pada Anak

Belakangan ini semakin banyak orang tua yang “alergi” apabila anak-anaknya bermain di luar rumah. Ada banyak alasan yang diungkapkan oleh setiap orang tua hingga terpaksa melarang anak-anak mereka bermain-main di alam bebas. Ada orangtua yang takut anaknya hitam karena sering berpanas-panasan, ada yang takut anaknya kotor, ada yang takut anaknya sakit, hingga takut anak cacingan.



Padahal cacingan pada anak bisa dengan mudah diatasi dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Melarang anak bermain di luar hanya karena takut anak cacingan atau kotor, akan sangat merugikan (khususnya bagi anak) jika dibandingkan dengan manfaat yang bisa mereka dapatkan.

Para ahli kesehatan yang justru menganjurkan setiap orang tua untuk mendorong anak-anak mereka agar mau bermain di luar rumah. Entah itu eksplorasi alam, bermain pasir dan tanah, bersepeda, kejar-kejaran dengan teman-temannya, bermain bola, bermain hujan, dan lain-lain.

Mengapa ahli kesehatan sangat menganjurkan anak-anak untuk bermain di luar?


Anak-anak akan belajar banyak hal dari alam. Dengan sering keluar, mereka akan sering menyaksikan berbagai kejadian alam. Mereka bisa menyaksikan hujan, daun yang jatuh, rumput berwarna hijau, rumput mati, binatang, hewan, dan lain-lain.

Semua itu bisa mereka saksikan dalam berbagai kesempatan. Dan Ada banyak hal yang bisa mereka pelajari dari kejadian-kejadian alam yang dipengaruhi oleh musim, cuaca, faktor lingkungan, dan pengaruh manusia.

Anak-anak akan berlatih menggunakan otot yang berbeda-beda. Saat mereka asyik bermain kejar-kejaran dengan teman-temannya, atau ketika anak-anak sibuk bermain bola, ada berbagai otot di tubuh mereka yang mengalami peningkatan kemampuan. Berbagai kegiatan dan gerakan yang mereka lakukan akan sangat bermanfaat untuk perkembangan motorik kasar mereka

Rumah (minimalis) modern saat ini semakin kurang sehat karena minimnya ventilasi dan jendela yang sempit. Hal tersebut menyebabkan sirkulasi udara di dalam rumah tidak terlalu baik. Sebaliknya, dengan bermain di luar rumah, anak-anak bisa menghirup udara segar yang menyehatkan
Dengan bermain di luar rumah anak-anak akan mendapatkan berbagai tantangan baru yang menuntut solusi. Semakin sering anak-anak menemukan tantangan dan masalah, maka akan semakin meningkat kreatifitas mereka

Bermain di luar rumah akan membuat anak-anak lebih sering terpapar sinar matahari. Ada banyak manfaat paparan sinar matahari terutama di pagi hari. Selain vitamin D, matahari juga baik untuk meningkatkan kadar serotonin otak, dan bermanfaat untuk menjaga agar anak-anak tetap bahagia

Anak yang sering bermain di luar rumah cenderung memiliki mata sehat. Mereka lebih jarang mengenakan kaca mata karena mata mereka terbiasa melihat kejauhan tanpa batasan tembok (rumah)


Agar anak-anak bebas bermain di luar rumah tanpa perlu Anda khawatirkan, beberapa tips menjaga kesehatan anak berikut ini bisa dicoba:
  • Biasakan anak untuk mencuci tangan, mencuci kaki, dan mandi setelah bermain
  • Biasakan anak mencuci tangan sebelum menyentuh makanan
  • Berikan anak-anak obat cacing secara rutin dan teratur
  • Kenali gejala gejala cacingan seperti:
  • Kehilangan selera makan rabbit dua mual dan muntah
  • Gatal di sekitar anus (biasanya lebih parah di malam hari)
  • Anemia

Beberapa obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi cacingan pada anak di antaranya adalah:
  • Jus wortel yang dicampur dengan santan kental dan sedikit garam
  • Ramuan daun pepaya dan akar pohon bunga melati
  • Cacingan pada anak bisa juga diatasi dengan obat alami seperti air rebusan tanaman Putri Malu

0 comments:

Post a Comment

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design