September 20, 2017

7 Pilihan Kue Kukus yang Sehat untuk Buah Hati

7 Pilihan Kue Kukus yang Sehat untuk Buah Hati. Ada banyak perempuan (terutama ibu-ibu) yang senang menghabiskan waktu di dapur selama berjam-jam untuk berkreasi membuat aneka macam kue atau jajanan untuk keluarga. Alasan utama mereka sengaja merelakan waktu lebih banyak di dapur adalah untuk menjaga agar makanan yang dikonsumsi keluarga adalah makanan yang terjamin dan sehat.



Ada banyak jenis kue yang bisa dibuat sendiri di rumah, baik yang tanpa oven atau tanpa kukusan, hingga yang membutuhkan oven atau kukusan. Salah satu pilihan kue yang banyak dibuat adalah kue kukus seperti rainbow cake, bolu kukus, black forest, brownies, kue pelangi, dan lain-lain.


Alasan mengapa kue kukus banyak diminati adalah karena: rasanya yang enak, bahan resep kue kukus juga mudah didapat dan mudah diikuti, bahan yang digunakan tidak terlalu banyak, dan proses pembuatannya pun simpel.

Namun sayangnya, tidak semua jenis kue tersebut sehat dan cocok diberikan kepada anak. Karena umumnya kue-kue yang disebutkan di atas banyak mengandung gula, yang sudah pasti bisa menjadi sumber tambahan kalori bagi si kecil.

Mengapa hitung-hitungan kalori harian anak sangat penting?

Banyak ibu yang sudah tahu namun belum begitu menyadari pentingnya menjaga asupan makanan (diet seimbang) bagi si kecil. Padahal, berbagai jenis makanan yang mereka konsumsi, selain mengandung vitamin, mineral, dan serat, juga mengandung sejumlah kalori yang bisa menjadi sumber tenaga.

Sayangnya, apabila anak-anak mengalami kelebihan kalori, sisa kalori yang tidak terpakai oleh tubuh mereka akan diubah menjadi lemak dan kemudian disimpan (di tubuh) untuk dijadikan sebagai sumber energi cadangan yang sewaktu-waktu akan digunakan apabila dibutuhkan (terutama ketika anak-anak tidak mendapatkan asupan kalori).

Diantara sumber kalori adalah makanan bertepung seperti nasi, bubur, dan berbagai jenis kue yang terbuat dari tepung, serta gula (gula buatan, gula alami, dan gula asli).

Ada banyak jenis kue kukus yang enak namun sayangnya rendah gizi. Nah, agar anak-anak bisa merasakan enak dan nikmatnya kue kukus tanpa kehilangan nutrisi, Bunda bisa mempertimbangkan untuk membuat beberapa pilihan kue kukus yang cocok untuk anak-anak berikut ini.

  1. Bolu Kukus Ubi
  2. Bolu Kukus Keju
  3. Bolu Kukus Oat dan Buah Pir
  4. Bolu Kukus Naga Topping Pisang dan Jeruk
  5. Steamed Egg Banana
  6. Kentang Kukus Saus Creamy
  7. Cheese Cake Roti Tawar (kukus)

Contoh resep dan cara membuat Bolu kukus ubi

Bolu kukus ubi bisa jadi cemilan MPASI untuk anak usia di atas 14 bulan. Beberapa bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah:

BahanTepung terigu: 5 sdm
Telur: 1 butir
Ubi kuning yang sudah dikukus dan dilumatkan: kurang lebih 30 g
Mentega yang sudah dicairkan: 2 sdm
Gula: Sesuai selera (standar untuk resep ini adalah 5 sdm)
BP: 1/2 sdt
Chocochips warna (untuk topping): sesuai selera

Cara membuat
  • Kocok gula dan telur hingga mengembang. Setelah itu
  • Masukkan ubi dan mentega, lalu aduk
  • Masukkan BP dan tepung terigu (aduk lagi hingga rata)
  • Siapkan kukusan. Kemudian,
  • Masukkan adonan ke dalam cetakan cupcake
  • Kukus selama 20 menit
  • Setelah matang, angkat dan tambahkan topping sesuai selera


10 comments:

  1. Nah boleh neh bikin buat ponakan yg masih baby

    ReplyDelete
  2. Buka toko kue mbak. Laku keras nih sepertinya hehe :D

    Terima kasih atas sharingnya mbak :D

    ReplyDelete
  3. Tengok gambar nya aja dah laparrr, sukses selalu mbak

    ReplyDelete
  4. Anak-anak sejak kecil udah aku kenalin sama jajanan tradisional yang menyehatkan. Mereka malah nggak suka jajanan kemasan waktu kecil dulu

    ReplyDelete
  5. bolkus nih, fave anak2..nyam2..

    ReplyDelete
  6. Anakku kebetulan suka banget pisang, kayknya kalau dibikini kue ini dia akan suka

    ReplyDelete
  7. waah enak, anak ku suka kue keju mbak

    ReplyDelete
  8. sepertinya gampang dipraktekkan nih, mumpung weekend boleh juga nyobain buat nuh

    ReplyDelete
  9. kalau anak saya sukanya yang bolu kukus yang mekar2 itu, tampilannya cantik kalau di kasih warna-warni, teksturnya lembut

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design