December 20, 2016

Makanan-makanan Bernutrisi Tinggi untuk Anak

Ibu, saat masih berusia muda anak-anak harus diberikan makanan-makanan bernutrisi tinggi karena mereka sangat membutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang. Sayangnya, masih banyak orang tua di Indonesia yang justru menganggap makanan seperti nasi sebagai makanan yang harus paling banyak dikonsumsi oleh anak mereka. Padahal, nasi tidak banyak mengandung gizi selain karbohidrat. Jika mengacu pada apa yang disampaikan oleh ahli gizi, anak-anak harus banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan serat.



Tentu saja anak-anak masih tetap boleh diberikan nasi, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Karena seperti yang Bunda tahu, perut anak-anak masih sangat kecil dan tidak mampu menampung banyak makanan. Sehingga pemilihan makanan untuk diberikan kepada anak wajib dilakukan. Terutama makanan-makanan yang terbaik yang banyak mengandung gizi.


Di antara beberapa jenis makanan yang memiliki nutrisi tinggi untuk anak adalah: 

Telur. 

Telur sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak pada saat sarapan. Telur banyak mengandung protein dan vitamin D yang akan membantu meningkatkan kemampuan tubuh anak dalam menyerap kalsium. Selain itu, kuning telur juga mengandung kolin yang dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. 

Buah-buahan. 

Berbagai jenis buah-buahan sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Terutama sebagai makanan selingan yang sehat. Hampir semua buah musiman dianjurkan untuk diberikan kepada anak seperti: buah pepaya, mangga, melon, semangka, apel, anggur, buah pir, pisang, dan lain-lain. Buah pisang misalnya, banyak mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak. 

Kacang-kacangan. 

Selain sebagai sumber protein, kacang-kacangan juga mengandung banyak lemak baik yang cocok dijadikan sebagai cemilan sehat. Namun ingat, sebisa mungkin berikanlah anak-anak berbagai jenis kacang-kacangan yang direbus agar tidak terlalu banyak mengandung lemak jenuh yang berasal dari minyak yang Anda gunakan untuk menggoreng. 

Di antara jenis kacang-kacangan yang sehat dan baik untuk diberikan kepada anak adalah: kacang tanah, kacang kedelai, berbagai produk kedelai seperti tahu dan tempe, hingga kacang panjang dan kacang hijau. 

Ikan. 

Berbagai jenis ikan baik hasil tangkapan laut maupun ikan air tawar, dua-duanya harus diberikan kepada anak setidaknya satu porsi dalam seminggu. 

Ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang dapat mencerdaskan dan meningkatkan imun tubuh. Selain itu ikan juga adalah sumber protein selain daging dan kacang-kacangan. Jenis ikan yang dianjurkan untuk diberikan adalah: ikan tuna dan sarden. Karena di Indonesia ikan salmon pasti sulit ditemukan. 

Susu. 

Susu atau berbagai produk susu seperti keju, yogurt, dan dan makanan yang terbuat dari susu lainnya merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk anak. Berbagai kandungan yang ada pada susu, terutama kandungan kalsium serta vitamin D-nya sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang sang buah hati.

Sayur mayur. 

Berbagai jenis sayur mayur, mulai dari sayur-sayuran berdaun hijau, atau sayuran sayuran berwarna lainnya juga sangat dibutuhkan oleh anak sebagai sumber vitamin dan mineral. Setiap makan atau setiap hari, anak-anak harus diberikan sayur yang bisa di variasikan sepanjang Minggu. 

Itulah beberapa makanan bernutrisi tinggi yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak. Diantara beberapa sayur yang sebaiknya sering diberikan kepada anak adalah: bayam, brokoli, kubis, daun katuk, dan kangkung.

3 comments:

  1. Semuan jenis makanan di atas memang sangat penting sekali buat tumbuh kembang anak ya mba. Apalagi sayur dan buah.

    ReplyDelete
  2. Apalagi kalau diolah dengan semenarik mungkin pasti anak-anak semakin suka makan ya mbak.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun tunaa.. Di Ambon itu banyak banget, tp anakku nggak doyan tuna kecuali diasepin. Dia paling doyan lele, ampe bosen saya masakin hhaha

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design