June 20, 2019

Ingin Memboyong Rumah di Jakarta? Kenali dulu 4 Cicilan Pembayaran Ini

Siapa yang ingin memiliki hunian di Ibukota Indonesia?

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, memiliki rumah di Jakarta mungkin sebuah pencapaian yang besar. Tidak hanya untuk warga sekitar Jakarta, memiliki rumah di Jakarta juga menjadi daya tarik kepada masyarakat pendatang yang beraktivitas di Jakarta.

Mengapa dikatakan sebuah pencapaian yang besar? Hal tersebut dikarenakan budget yang Anda butuhkan untuk membanderol ragam rumah dijual di Jakarta tidaklah sedikit. Mungkin saat ini juga sangat sulit untuk menemukan rumah dijual di Jakarta dengan harga murah, khususnya di area-area yang sangat berdekatan lokasi bisnis dan perkantoran



Bagi Anda yang belum memiliki wawasan terkait pembelian rumah dijual di Jakarta, setidaknya kenali dulu beberapa cara pembayarannya. Cara bayar rumah dijual di Jakarta dikatakan paling lengkap, dan merupakan pionir dari kota-kota besar dan wilayah lainnya di Indonesia. Wawasan ini tentu diperlukan sebagai langkah awal untuk Anda dalam mempersiapkan sejumlah dana untuk memboyongnya.


Berikut kami sajikan metode pembayaran rumah dijual di Jakarta untuk kalian pahami

1. KPR

Platform cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan cara pembayaran yang umumnya digunakan orang banyak untuk membeli rumah dijual di Jakarta atau perumahan-perumahan di area lain di Indonesia. KPR didefinisikan sebagai produk pinjaman untuk pembiayaan rumah yang berasal dari bank. Saat ini, KPR beraneka jenisnya, ada KPR konvensional, KPR Syariah, dan KPR subsidi. 
Metode pembayaran ini populer di kalangan pencari properti dikarenakan menawarkan sejumlah keunggulan. Misalnya saja seperti tenor cicilan hingga 25 tahun, nominal cicilan yang ringan per bulannya, serta memiliki asuransi. 
Namun ditengah-tengah keunggulannya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan KPR. Misalnya beragam persyaratan administrasi, bunga KPR yang menyebabkan harga rumah dijual lebih mahal, serta sanksi penyitaan saat kalian tidak bisa menyelesaikan cicilannya

2. Cash keras/Tunai Keras   

Metode pembayaran ini didefinisikan sebagai cara bayar melunasi rumah dalam waktu kurang dari sebulan atau beberapa bulan tergantung dari kesepakatan pembeli dan developer. Bagi kalian yang memiliki dana yang dibutuhkan, metode ini sangat baik untuk dipilih.
Metode cash keras banyak dipilih oleh golongan yang telah memiliki budget pelunasan hunian dikarenakan sudah pasti terdapat potongan harga atau diskon dari pengembang. Namun, terdapat juga sebuah kekurangan dari metode ini yakni nominal pembayaran cicilan yang disepakati tergolong sangat besar.

3. Cash Bertahap/Tunai Bertahap

Hampir sama seperti cash keras, metode pembayaran ini memiliki keunggulan karena lama periode cicilannya. Untuk cash bertahap, periode cicilan dapat berlangsung selama minimal 2 tahun (24 bulan) atau 5 tahun (60 bulan), tergantung kesepakatan dari pembeli dan pengembang.
Meskipun terdapat keunggulan dari adanya potongan harga dari pengembang saat pemasaran properti tersebut ditambah tidak memikirkan bunga cicilan dari bank, sama seperti cash keras, nominal cicilan pembayaran ini diketahui tergolong besar dibanding metode cicilan KPR.

4. Balloon Payment

Metode pembayaran balloon payment dikatakan belum banyak diterapkan oleh developer properti di Indonesia. Ballon payment didefinisikan sebagai metode pembayaran properti dengan nominal cicilan kecil pada periode-periode awal cicilan dan semakin bertambah besar di akhir masa penyelesaian cicilan (masa tenor).

Metode cara bayar ini paling diincar oleh pembeli properti khususnya dalam golongan investor. Alasannya adalah mereka dapat menjual properti tersebut di masa akhir cicilan. Alasan lainnya yakni nominal cicilan di periode awal tergolong sangat rendah. 

Meskipun cicilan tergolong mudah di awal, nominal besar pada cicilan di periode akhir akan menjadi permasalahan dan cenderung memberatkan para pembeli properti.

6 comments:

  1. Wah bener banget tuh ya Mbak kalau mau membeli rumah di Jakarta harus memperhatikan itu

    ReplyDelete
  2. Wah bisa dicoba nih Mbak tipsnya. Setuju banget

    ReplyDelete
  3. Wah siapa nih yang mau memboyong rumah di Jakarta? Cocok banget nih tispnya

    ReplyDelete
  4. Wah bermanfaat banget nih Mbak artikelnya. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  5. Oh jadi yang banyak digunakan adalah KPR ini ya. Thanks Mbak

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design