April 23, 2019

Tips Membandingkan Harga Perumahan Supaya Kamu Untung dan Gak Buntung!

Harga perumahan semakin hari semakin mahal saja. Namun kebutuhan akan hunian tidak pernah menyurutkan semangat bagi banyak orang untuk memiliki sebuah perumahan. Membeli perumahan memang merupakan cara yang paling praktis untuk memiliki hunian. Anda tidak perlu direpotkan dengan membeli lahan, membeli bahan bangunan, maupun membayar ongkos tukang untuk memiliki sebuah rumah.



Perumahan di Indonesia tersebar  luas di berbagai pelosok. Bahkan, kini para pengembang properti pun sudah memasuki kampung-kampung dan desa-desa untuk membangun sebuah perumahan. Alasannya, lahan di kampung memang masih luas dan tidak terbatas. Mereka bisa membeli lahan tersebut dengan harga yang murah jika dibandingkan dengan lahan di kota.

Bagi Anda yang sedang mencari perumahan, Anda perlu tahu bagaimana cara membandingkan perumahan terbaru supaya Anda bisa mendapatkan perumahan yang paling menguntungkan. Menguntungkan di sini diartikan bahwa perumahan yang Anda dapatkan sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan. Selain itu, harganya pun juga tidak kelewat mahal.


5 Tips Membandingkan Harga Perumahan dengan Mudah

Setiap orang tentunya ingin mendapatkan harga perumahan yang murah dan menguntungkan.  Maka, Anda tidak boleh terpaku hanya dengan satu perumahan saja. Anda harus mencari sumber referensi perumahan lain yang kira-kira memiliki lokasi di tempat yang strategis untuk Anda tinggali.

Setelah mendapatkan beberapa perumahan, Anda pun bisa membandingkan harganya. Bagaimana cara membandingkan harga perumahan satu dengan perumahan lainnya? Ternyata, bukan harganya saja yang dipertimbangkan. Dibalik murah dan mahalnya sebuah perumahan, pastilah fasilitas yang disediakan juga berbeda.

1.Bandingkan harga berdasarkan lokasi

Ketika Anda mendapatkan beberapa pilihan perumahan, Anda bisa mulai membandingkan harga berdasarkan lokasi dari perumahan tersebut. Wajar jika perumahan yang terletak di daerah strategis memiliki harga yang jauh lebih mahal. Anda bisa mengira-ira sendiri apakah lokasi tersebut cocok untuk tempat tinggal atau tidak.

Jika Anda keberatan untuk masalah harga, liriklah pembandingnya yang memiliki harga yang jauh lebih murah namun lokasinya cukup masuk. Jika ternyata Anda masih tetap bisa merasa nyaman dan aksesnya pun cukup mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan, Anda bisa memilihnya. Jika budget benar-benar kurang mencukupi untuk membeli perumahan yang benar-benar strategis, Anda bisa memilih pilihan kedua seperti contoh tersebut.

2.Pastikan harga rumah sudah termasuk dengan PPN

Ketika Anda ingin membeli sebuah perumahan, Anda juga harus memastikan bahwa harga yang diberikan sudah termasuk dengan PPN. Umumnya, harga yang diberikan memang sudah termasuk dengan PPN sebesar 10%. Namun, Anda tetap harus memastikan hal tersebut.

Tanyakanlah kepada pihak pengembang bahwa Anda benar-benar telah mendapatkan harga perumahan yang sudah termasuk dengan PPN. Dengan demikian, ini akan sedikit menghemat atau menguntungkan untuk Anda. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan pengeluaran pajak.

3.Bandingkah harga dan fasilitas

Selain membandingkan harga rumah dengan lokasi perumahan, Anda juga harus membandingkan harga rumah dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Pastikan harga rumah yang Anda bayarkan sudah termasuk biaya untuk membayar AJB atau Akta Jual Beli serta biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB.

Jangan sampai Anda lupa untuk mengecek fasilitas yang satu ini. Jika sampai biaya perumahan yang Anda beli belum termasuk dengan biaya ini, Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk membayarnya. Bukannya untung, Anda malah akan menjadi buntung alias rugi

4.Pastikan harga yang Anda bayarkan sudah termasuk garansi

Ketika Anda ingin membeli sebuah perumahan, Anda juga harus memastikan bahwa Anda mendapatkan waktu garansi pemeliharaan. Masa garansi pemeliharaan biasanya diberikan dalam waktu 3 – 6 bulan. Pada rentang waktu tersebut, Anda bisa melakukan komplain jika memang Anda menemukan sesuatu yang janggal atau rusak di bagian rumah.

Jika masa komplain Anda masih dalam periode garansi, Anda akan mendapatkan perbaikan rumah secara gratis. Contoh komplain yang bisa Anda lakukan adalah dinding yang retak, keran yang tidak menyala dengan lancar, atau pun atap rumah yang bocor.

Maka, Anda benar-benar harus teliti dan mengecek semua fasilitas yang ada di dalam perumahan yang baru Anda beli. Biasanya, kerusakan memang akan bisa terlihat setelah Anda menghuninya. Maka, pastikan Anda telah mendapatkan masa garansi untuk melakukan komplain jika ternyata ada kerusakan

5.Bandingkan harga dengan mendatangi kantor pemasaran

Ketika Anda ingin membeli sebuah perumahan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membandingkan sebuah harga rumah. Sekarang jaman sudah berubah menjadi modern. Anda tidak perlu mendatangi perumahan satu dan perumahan lain untuk mengetahui harga perumahan yang Anda incar.

Anda bisa mendatangi sebuah kantor perumahan untuk mengecek harga perumahan. Anda bisa menyampaikan kepada kantor pemasaran perumahan untuk mengetahui harga perumahan satu dan lain yang Anda incar. Kemudian, Anda pun bisa meminta pihak kantor pemasaran untuk mengantarkan Anda ke perumahan yang Anda incar.

Ketika sudah berada di perumahan yang Anda incar, Anda bisa berbincang-bincang atau melakukan investivigasi secara langsung. Contohnya, berbincanglah dengan tetangga sekitar perumahan atau pun petugas keamanan yang ada di perumahan tersebut. Anda bisa mencari informasi yang Anda butuhkan dari pihak-pihak tersebut.

Jadi, penting sekali bagi Anda untuk membandingkan harga perumahan satu dengan perumahan yang lain sebelum membeli sebuah perumahan. Jadi, Anda bisa mendapatkan harga yang benar-benar pas dan menguntungkan untuk Anda. Lalu, bagaimana cara mencari perumahan yang murah di jaman sekarang?



Cara Mencari Perumahan Murah

Untuk mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah yang murah, Anda bisa mengikuti beberapa cara yang mudah berikut ini.

1.Ikuti media sosial mengenai promosi properti

Media sosial seperti facebook, instagram, hingga twitter biasanya memberikan informasi yang sangat penting tentang jual beli properti. Bentuk iklan yang ditayangkan di media sosial pun sangat interaktif. Para pembuat iklan biasanya adalah para pengembang properti.

Pengembang properti maupun penyalur kredit perumahan akan memberikan bentuk promosi KPR melalui iklan yang menarik di media sosial. Anda bisa mencari informasi harga rumah murah dengan menekan tombol klik pada akun-akun yang membahas perumahan  murah. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak waktu, pikiran, dan tenaga untuk mencari promo perumahan yang benar-benar murah.

2.Cari program rumah murah di bank

Pihak pengembang biasanya sangat pintar dan tidak hanya mengiklankan KPR di media sosial. Mereka juga bekerjasama dengan pihak bank atau lembaga keuangan lainnya untuk memberikan informasi mengenai properti. Informasi yang diberikan meliputi informasi perumahan murah bersubsidi hingga lelang rumah.

Dengan mendatangi pihak bank, Anda bisa langsung menanyakan informasi yang Anda butuhkan kepada pihak bank. Informasi tersebut jelas lebih valid karena Anda menanyakan secara langsung pada sumbernya. Anda bisa aktif bertanya kepada pihak bank. Jika perlu, Anda bisa menyiapkan daftar pertanyaan dari rumah untuk ditanyakan pada pihak bank.

3.Kunjungi situs jual beli properti

Ini dia cara yang paling mudah dan menarik untuk dilakukan dalam mencari sebuah perumahan yang murah. Kini, sudah tersedia banyak sekali situs jual beli properti yang beredar di internet. Anda bisa mencari situs jual beli properti yang besar agar mendapatkan informasi yang lebih banyak dan terpercaya.

Biasanya, situs jual beli properti akan membahas mulai dari harga rumah, lokasi rumah, hingga fasilitas yang tersedia di rumah tersebut. Beberapa situs yang besar untuk urusan jual beli properti adalah urbanindo.com dan rumah.com

4.Ambillah fasilitas KPR

Untuk mendapatkan harga rumah yang murah, Anda bisa mengambil fasilitas KPR. Oleh karena itu, hal yang tidak boleh dilupakan adalah mempersiapkan uang muka alias DP. Anda diharuskan untuk membayarkan uang muka jika ingin memilih fasilitas KPR.

Jika Anda memiliki dana yang besar, Anda bisa membayarkan uang muka dalam jumlah yang maksimal agar cicilan yang Anda bayarkan menjadi tidak lama. Proses pembelian rumah KPR cukup mudah dilakukan. Banyak sekali pihak penyalur dan bank yang akan bersedia untuk membantu Anda dalam proses pembelian rumah KPR.

Ada banyak cara menarik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah murah. Carilah rumah terbaik impian Anda sebagai tempat berlindung dan berteduh bersama dengan keluarga Anda tercinta. Pastikan Anda telah menabung untuk membayarkan uang muka atau DP rumah. Kemudian, semakin rajinlah untuk bekerja karena Anda harus membayar cicilan KPR di setiap bulannya.

31 comments:

  1. Selidiki rumah yang akan kita beli. Cocok deh dengan tanya sama tetangga mengenai kondisi wilayah di daerah tersebut.

    Yang penting aman dan fasilitas ok biar investasi naik terus

    ReplyDelete
  2. Untuk rumah saya suka bandingkan letak atau lokasi serta fasilitasnya mbak. Tapi kalau ditanya pengennya sih lahan kosong dulu baru dibangun nanti sesuai dengan rumah sederhana impian. Tahun depan rencananya mau cari properti lahan/bangunan hitung-hitung investasi, kalau sekarang masih tinggal di rumah dinas mbak.

    ReplyDelete
  3. Banyak faktor ya yang bisa menjadi dasar memilih rumah, setuju ini. Pastikan agar kita nggak malah merugi ya, utamanya kalau aku sih lingkungan yang tidak individualistis

    ReplyDelete
  4. Cari rumah kayak cari jodoh ya mba makanya butuh untuk disurvey langsung dan utamanya juga jelas ya mba jangan sampe kaleng-kaleng baik developer maupun pemasarannya

    ReplyDelete
  5. wah ternyata rumah bisa ada garansinya juga yaa.. baru tau.. seneng deh kalau udah ambil KPR. Mudah-mudahan saya juga bisa

    ReplyDelete
  6. harga rumah memang sudah mahal sekali disini, di daerah saya tinggal juga walau di gunung harganya udah mahal. rumah subsidi sih yang paling terjangkau di sini tapi ya gitu lokasinya terpencil hehehe. makasih mba tipsnya kebetulan saya masih mencari rumah :D

    ReplyDelete
  7. Memang bener sekarang banyak menyisir pedesaan karena lahan masih melimpah.tapi sedihnya karena belakang rumah juga ada perumahan, limbah rumah tangga justru mengotori sawahku mbak...

    ReplyDelete
  8. Makasih info lengkap lengkip nya Mba. Noted bgt ini ttg PPN, suka kelupaan sayah. kalo suami insya Allah lebih paham :)

    ReplyDelete
  9. cari rumah memang gampang-gampang susah yaa, Mba. Kita harus lebih jeli agar mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan kita :)

    ReplyDelete
  10. Selain harga, legalitas juga penting banget mba. Memang kalo mau beli rumah kudu bener2 diteliti semua aspek, berasa kayak mau nikah ya ahahah

    ReplyDelete
  11. Terima kasih mbak tulisannya, sebagai newbie yang baru kepikiran utk kearah Sana tulisan ini sangat ngebantu..baru paham ada sertifikat dll nya.. (aduh kemana aja) hehehe

    ReplyDelete
  12. Membeli rumah memang butuh survey dan banyak yang harus ditanyakan. Temen aku malah hampir setahun survey supaya mendapatkan kenyamanan saat tinggal di sana

    ReplyDelete
  13. Aku nih suka banget banding2 harga dan tentunya fasilitas, juga lokasi yg menjangkau banyak hal.
    Intinya emang banyak faktor yg harus dipikirkan yaa

    ReplyDelete
  14. Garansi rumah baru hanya 3-6 bulan too..
    Aku kira bakalan sampai 2 tahun.
    Hehhe...secara rumahbaru mah..gakkan rusak.
    Baru ketahuan gak beres kalo uda lewat masa percobaan di tempati 1 tahun.

    ReplyDelete
  15. Intinya survey dg teliti ya mba. Datangi pemasaran, kunjungi web adalah hal yg hrs dilakukan. Jd kegoda hny krn iklan ya

    ReplyDelete
  16. Iya banget, mau itu beli atau pun jual, sebelom betransaksi, harus bandingin dulu dengan yang lain. Kalo enggak, bisa rugi. Mau itu di kota atau pun di desa. :D

    ReplyDelete
  17. lokasi memang betul2 menentukan harga, harga perumahanku naik banget nget karena kampus di dekatnya lagi membangun dan mahasiswa banyak, ada pintu masuk tol Lampung, ada rumah sakit besar baru. Transmart juga masih sejalur. Temen2 pada nyesel ga jadi ambil rumah disitu :D

    ReplyDelete
  18. Tipsnya cocok nih untuk yang sedang mencari rumah, lokasi memang penting banget ya, janhan sampai dapat harga murah ternyata lokasi di area mudah banjir, makasih ya tipsnya

    ReplyDelete
  19. Mau beli rumah memang kudu pintar2 bandingin harga. Kalau depan jalan raya pasti lumayan harganya, beda dg yang agak dalam. Itu juga harus dicek ini itunya

    ReplyDelete
  20. Tipsnya keren banget nih..jd diingatkan banyak hal..semoga berkesempatan bs beli rumah utk invest hehe .aamiin..

    ReplyDelete
  21. Oiseee, yang garansi pemeliharaan ini lo Mbak yang suka kelewat nggak keitung. Makasih banyak insightnya ya Mbak....

    ReplyDelete
  22. Suka sama tipsnya mba, memang kita harus memerhatikan banyak hal
    soal sertifikat rumahnya juga yang jelas harus aman ya
    aku juga belum ada rumah sendiri, mudah-mudahan bisa membeli aamiin

    ReplyDelete
  23. Kalau dipikir-pikir ya Mbak emang mendingan beli rumah langsung jadi sih daripada bangun dari nol. Ya benar kata Mbak Esti, tukangnya, jajannya, beli bahan-bahannya. Seabrek pasti dananya.

    ReplyDelete
  24. aku juga waktu hunting rumah prosesnya Panjang. Jadi ya penuh dengan pertanyaan ini dan itu plus membandingkan dengan yang lain. yang pasti jangan sembarangan supaya tidak menyesal

    ReplyDelete
  25. Ooow beli rumah itu ada garansi pemeliharaan ya? Kok saya baru ngeh. Terakhir sih saya membangun dari awal pakai kontraktor, memang ada garansi beberapa bulan. Tapi ternyata tantangan beratnya punya rumah adalah ketika lewat satu tahun, pemeilharaannya harus seksama.

    ReplyDelete
  26. Nah kebanyakan orang tertipu dengan kata, sudah bersih mba termaksud balik nama... Ini yang kadang harus kita perjelas utk balik nama hanya AJB atau SHM saya juga baru tahu karna kasus kemarin pribadi hihihi

    ReplyDelete
  27. Harga rumah sekarang makin meningkat, tapi tetep aja banyak yang nyari karena suatu kebutuhan ya Mak. Bener banget tips diatas, kulakukan juga ketika 17 tahun yang lalu pas mo ngambil cicilan KPR ahhahha

    ReplyDelete
  28. tipsnya sangat diperlukan banget nih buat yg pengen cari rumah. khususnya ibu muda. harus banyak tanya dan hunting ya. biar ga salah pilih.

    ReplyDelete
  29. Include PPN ini kadang sering diabaikan ya, Mbak. Padahal penting juga. Jadi pingin perumahan. Hahaha

    ReplyDelete
  30. Aku pengen punya rumah mnimalis banget tapi bisa bikin spor asli

    ReplyDelete
  31. Cek juga blueprint perkembangan wilayah tempat yg kita beli, mbak.
    Dulu daerah rumah saya sepiii banget, tapi kita tetep maju beli rumah krn tau bakalan ada jalan tol yg dibangun dan skrg daerah ini jadi rame dan banyak banget perumahan yg dibangun

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design