September 18, 2017

7 Minuman yang Cocok dan Tidak Cocok Diberikan Kepada Anak

Anak-anak selalu terlihat sibuk bermain, tidak peduli di dalam rumah atau di luar rumah sambil berpanas-panasan. Kadang-kadang, mereka sampai lupa minum padahal sedang kehausan. Sebagai orang tua, ini adalah tugas kita untuk memastikan anak-anak mendapatkan cairan dalam jumlah yang cukup sehingga mereka terhindar dari dehidrasi.



Waktu di mana anak-anak sangat mudah kehausan adalah ketika mereka bermain di siang hari atau ketika mereka bermain di luar ruangan.


Daripada membiarkan anak-anak membeli minuman dari warung-warung atau penjajah berbagai minuman ringan, yang rata-rata mengandung banyak gula (gula buatan/asli/pemanis) serta bahan-bahan lain yang tidak sehat (pengawet), lebih baik bunda membuat sendiri minuman sehat untuk mereka.

Tidak sulit untuk menduga bahwa minuman-minuman ringan tersebut sudah pasti banyak mengandung kalori. Seorang ahli diet bernama Sara Seither, MS, RD, CSP, LD, mengatakan bahwa, sumber kalori yang kita berikan kepada anak bisa berdampak sangat signifikan terhadap berat tubuh mereka.

Kebiasaan-kebiasaan tidak sehat ini, tidak mengherankan membuat semakin banyak anak mengalami kelebihan berat badan (obesitas). Dan sayangnya, banyak ortu yang tidak menyadari bahwa kegemukan (kelebihan berat badan) merupakan ancaman bagi kesehatan buah hati mereka.


Daripada membekali anak dengan uang saku agar mereka bisa berbelanja berbagai jenis minuman favorit mereka, ada baiknya Bunda belajar bagaimana cara membuat minuman yang sehat untuk anak di rumah. 

Selain bisa mengetahui kualitas minuman yang kita berikan, kebersihan hingga kandungannya pun bisa kita tentukan sendiri. Sehingga minuman ini tidak hanya bisa menghilangkan dahaga tapi juga bermanfaat sebagai sumber vitamin dan mineral untuk membantu tumbuh kembang anak.


Minuman terbaik

  • Air kelapa. Air kelapa segar adalah minuman elektrolit yang bisa menggantikan cairan tubuh anak setelah mereka lelah bermain. Alasan mengapa air kelapa sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak adalah karena air kelapa banyak mengandung natrium, magnesium, calcium, hingga kalium.
  • Air putih. Selain air kelapa, air putih merupakan minuman terbaik yang bisa diberikan kepada anak di segala kondisi dan segala usia. Air putih bisa menghidrasi tubuh anak dan menghilangkan rasa haus. Tidak perlu khawatir seberapa banyak anak mau minum air putih, karena air putih tidak mengandung kalori, lemak, atau gula.
  • 100% jus buah segar. Walaupun dianggap sehat, namun jus buah tidak boleh dilalui sering diberikan kepada anak. Para ahli sepakat, memberikan jus buah tidak lebih dari 200 ml per hari. Mengapa dibatasi? Karena jus buah juga mengandung gula alami yang bisa menjadi sumber kalori ekstra.
  • Infus water. Ini adalah minuman yang terbuat dari berbagai jenis buah-buahan, yang bisa dikombinasikan hingga menghasilkan air segar yang sarat nutrisi.

Minuman yang tidak cocok diberikan kepada anak

  • Susu kemasan. Satu kemasan susu coklat atau rasa lainnya biasanya mengandung kurang lebih 4 sdt gula. Setiap minuman yang mengandung gula sangat tidak baik untuk anak karena dapat membuat mereka mengalami kelebihan kalori setiap hari.
  • Minuman ringan (kemasan/sasetan). Ada banyak jenis minuman ringan yang dijual untuk anak-anak. Mulai yang jelas-jelas banyak mengandung gula asli hingga gula buatan dengan berbagai rasa. Jangan tertipu dengan gimmick iklan yang mengatakan bahwa “berbagai jenis minuman tersebut sehat dan banyak mengandung vitamin.”
  • Sport drink. Apapun yang dijanjikan oleh minuman energi atau minuman olahraga, tetap tidak cocok diberikan kepada anak.


5 comments:

  1. Huaaa, padahal anakku doyan banget susu kemasan Mbak. Lbh doyan drpd yg full cream diseduh gitu. PR banget deh ini.

    ReplyDelete
  2. Iya nih..
    Anakku doyan banget susu kotak..

    ReplyDelete
  3. Iya nih..
    Anakku doyan banget susu kotak..

    ReplyDelete
  4. Susu kotak itu ternyata ga baik ya, duuh baru tahu

    ReplyDelete
  5. aku suka air kelapa
    aku juga suka air putih biasa

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design