January 2, 2017

Shutterstock Jual Gambar dan Photo, Sekarang Bisa Beli Tanpa Credit Card?

Guys, kalau kamu berkecimpung di dunia internet, misalnya ngeblog atau punya website, kamu pasti butuh gambar kan? Gambar bisa didapatkan dari mana saja. Sejauh yang saya tahu sih, banyak blogger yang mengandalkan mensin pencarian untuk menemukan gambar dan kemudian mencomotnya begitu saja. Yang lebih parah, banyak diantara mereka (blogger) yang tidak meminta izin terlebih dahulu sebelum menggunakan gambar atau foto-foto tertentu dari pemiliknya. Parah banget dah...

Dan masih banyak blogger yang belum menyadari bahwa hal yang mereka lakukan itu adalah sesuatu yang salah (membajak) foto orang atau gambar orang lain. Walaupun diberikan “kredit” berupa link atau nama ke sumber foto, namun tetap saja hal tersebut belum bisa dikatakan legal.

Contoh gambar shutterstock.com yang keren
Walaupun sebagian besar foto atau gambar yang ada di website milik seseorang tidak diberikan copyright atau tidak ada aturan tertentu yang mengatakan bahwa foto tersebut tidak bisa digunakan sembarangan oleh siapapun, bukan berarti bahwa foto tersebut bisa di-copy dan digunakan begitu saja di blog atau di website kita.

Sebagai orang-orang yang berpendidikan, seharusnya kita menyadari bahwa hal tersebut juga dapat menyebabkan kerugian bagi orang lain (pemilik foto/gambar). Karena mereka mendapatkan foto-foto tersebut atau gambar-gambar tersebut dengan cara yang tidak mudah mulai dari, berbekal kamera, meluangkan waktu, biaya, ide, dll.

Bahkan tidak sedikit dari foto-foto tersebut yang diambil atau, tidak sedikit dari gambar-gambar tersebut yang dibuat dengan waktu serta biaya yang enggak masuk akal. Jadi, kita patut bertanya pada diri sendiri, bagaimana mungkin kita begitu tega mengambil dan menggunakan gambar orang lain tanpa izin.

Kalau kamu sering butuh gambar atau foto-foto tertentu, sebenarnya kamu bisa datang ke Shutterstock. Di sana, kamu tidak hanya bisa beli dan download foto atau gambar berkualitas beresolusi besar, dengan mudah dan murah. Melainkan, kamu juga bisa menjual foto atau gambar yang kamu punya. Ini adalah salah satu tempat jual beli gambar atau foto yang terpercaya, aman dengan proses cepat, pokoknya recommended banget lah.

Sayangnya, buat kita-kita yang tinggal di Indonesia, yang kebanyakan enggak punya kartu kredit, untuk membeli foto atau gambar seringkali merasa kesulitan. Tapi itu dulu. Sekarang. Membeli foto atau download foto dari Shutterstock semakin mudah karena ada IDCopy.net (resmi diluncurkan 2012).

IDCopy sendiri, pada awalnya hanyalah menyediakan jasa service untuk download. Tapi karena makin banyak pelanggan dan makin banyak yang tertarik untuk menggunakan jasa mereka, mereka akhirnya memutuskan untuk membuka juga jasa service untuk akun premium download.

Adanya fasilitas tersebut bikin kita yang doyan download jadi merasa terbantu banget. Terutama bagi kamu-kamu yang sering download film, e-book, musik, template, dan berbagai macam konten tanpa harus dibatasi dengan bandwidth, direpotkan dengan captcha, atau jengkel karena terlalu banyak iklan serta nggak bisa resume setelah download-an terputus karena gangguan.

Selain IDCopy, ada juga JasaShutterstock.com, yang merupakan salah satu reseller resmi Shutterstock.com untuk wilayah Indonesia. Dengan kehadiran JasaShutterstock, kendala yang selama ini dirasa paling orgen yaitu soal pembayaran ketika ingin membeli photo atau gambar premium pun bisa teratasi. Pembayaran jadi semakin mudah karena kita bisa menggunakan akun bank lokal.

Coba lihat gambar di atas, cakep kan ya. Ini saya beli lo. Sengaja saya pilih untuk undangan ulang tahun Andhin yang ke-2 (InsyaAllah). Selain bisa untuk kartu Undangan bisa juga kalau mau bikin kartu nama atau kartu ucapan lainnya kan. 

14 comments:

  1. wah gitu ya, kepake banget buat blogger kayak saya hehehe

    ReplyDelete
  2. Lucu mba gambarnya ^^
    Mudah ya jadinya klo mau beli image

    ReplyDelete
  3. wah lucu2 ya gambarnya, ntar saya coba ah ngintip kesana

    ReplyDelete
  4. Saya kalopun menggunakan gambar dari internet pasti menyebutkan sumbernya, sebagai penghormatan kepada yang punya.
    salam

    ReplyDelete
  5. bener mbak, kadang saya suka gak enak ati ngambil gambar dr internet krn kuatir bakal jd masalah. Saya sendiri suka kesel jg sama org yg main ambil saja foto di blog saya. Masih banyak org gak ngerti atau pura2 gak paham masalah begini. Untuk shutterstock mulai tanggap ya bahwa gak semua org punya kartu kredit :) dan kl punya jg rada ragu utk beli2 online begini

    ReplyDelete
  6. Lebih amannya beli ya mbak, meski kadang agak mehong tapi demi keamanan serta menghargai hak cipta orang lain

    ReplyDelete
  7. Kalo beli yang hak paten juga bisa, atau yang per piece cuman buat ngilangin watermark.

    ReplyDelete
  8. Saya baru tau, ternyata kita bisa menjual gambar juga di shutterstock ya... kirain hanya bisa beli aja :)
    Yang buat saya males beli gambar itu, karena harus pakai kartu kredit. Gak punya soalnya hihihi...

    ReplyDelete
  9. Shutterstock emang tempat image keren dan berkualitas... Untung sekarang downloads jadi mudah..

    ReplyDelete
  10. wah iya nih bener penting banget terutama buat blogger, coz dlu sy pernah pengalaman 1 artikel di takedown lantaran asal comot gambar org lain, ga lagi-lagi dah he...
    Thanks infonya ya :D

    ReplyDelete
  11. ternyata banyak ide desain kartu undangan dari shutterstock yang menarik ya.
    Bisa hemat waktu nih cukup beli gambar , tak perlu capek-capek mengarang gambar dari nol. Hehehehe

    ReplyDelete
  12. wahh keren keren, thanks infonya mba. aku juga baru tau kebetulan ternyata bisa jual gambar juga, heheh

    ReplyDelete
  13. Nah aku jarang pakai ini shutterstock
    biasa freepik atau nyari yang bener2 free

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design