August 2, 2017

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memandikan Bayi

Sebagai seorang wanita, kita harus banyak belajar tentang kewanitaan serta dunia anak dan bayi. Bukan saat kita sudah menjadi ibu saja, melainkan sejak dimana kita tahu seberapa pentingnya peran seorang ibu dalam rumah tangga. Baik mengurus anak, suami dan rumahnya.. Seorang wanita harus lebih cepat tanggap dalam menghadapi beberapa masalah dan kondisi.



Jika saat ini bunda tengah memiliki seorang bayi dalam kehidupan rumah tangga baru, beberapa hal harus diketahui oleh bunda termasuk dalam masalah cara memandikan bayi yang baik dan benar. Tidak mungkin bukan kita mengharapkan mertua atau orang tua untuk membantu kita memandikan bayi mungil kita. Akan tiba waktunya kita mengurus anak sendiri pasca kelahiran. Dan tips berikut adalah cara memandikan bayi yang baik.

1. Menyiapkan air hangat

Sebelum membuka baju bayi, ada baiknya kita menyiapkan terlebih dahulu air hangat-hangat kuku. Ingat ya bunda. Dalam menyiapkan air hangat ini, jangan sampai bunda menuangkan air panas dulu kedalam bak mandi, usahakan untuk menyiapkan air dingin dahulu. Hal ini dilakukan karena seringnya terdapat kasus anak bayi yang terkena air panas saat akan mandi. Untuk keamanan saja dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan bahaya lainnya.

Menyiapkan air hangat sebelum bayi mandi ini, tujuannya adalah, agar bayi tidak terlalu lama dibiarkan dalam keadaan telanjang yang bisa mengakibatkan bayi kedinginan atau masuk angin. Biasanya, bayi dibawah usia 3 bulan, masih memiliki daya tahan tubuh yang rentan akan sesuatu. Selain itu, ia belum sangat terbiasa dengan suasana diluar kandungan, alamnya sebelumnya

2. Menyiapkan peralatan mandi

Selain menyiapkan air hangat, jangan lupa persiapkan juga peralatan mandi, seperti sabun dan handuk. Jadi proses mandi bisa berjalan dengan cepat tanpa harus mencari-cari lagi. Begitu pula setelah mandi, bayi bisa langsung dibungkus handuk agar tidak kedinginan.

3. Menyiapkan perlengkapan setelah mandi

Bunda harus terlebih dulu menyiapkan perlengkapan setelah mandi sebelum bunda memandikan bayi. Tujuannya, kurang lebih sama, agar bayi tidak kedinginan setelah mandi. Selain itu, menyiapkan perlengkapan bayi setelah mandi seperti bedak, bedong, popok juga akan sangat mempermudah pekerjaan bunda. Apalagi jika bayi sudah bisa bergerak kesana kemari, bunda wajib menyiapkan perlengkapan ini terlebih dahulu. 

Semoga 3 hal yang harus diperhatikan saat akan memandikan bayi ini bermanfaat untuk bunda ya. Terutama bunda baru yang masih belajar merawat anak-anak yang kita sayangi.

#ODOP #BloggerMuslimah

8 comments:

  1. Alhamdulillah sejauh ini sudah melakukan apa yang mba tulis. Tfs ya mba. Semangat ODOP.. Hehe

    ReplyDelete
  2. Kalau di sini, tetangga-tetangga aisyah, bayi sudah dibiasakan pakai air dingin kak..
    Tapi umi tetap pakai air hangat sih, he..

    ReplyDelete
  3. Nice share, meskipun laki-laki harus tahu cara ini. Siapa tahu suatu saat bisa kepake..he

    ReplyDelete
  4. Iya mba.. Mesti disiapin dulu sebelum prosesi mandi.
    Klo anakku dulu..pas bayi, seringnya pas dihandukin..malah pipis lagi..jadi mandiin lagi😀😀

    ReplyDelete
  5. Tips yang oke, Mbak. Harus diterapkan memang, nih.

    ReplyDelete
  6. Di Batam mah udaranya hangat dan cenderung panas. Jadi sampai berkali-kali mandi pun nggak berasa dingin. Dulu mandiin bayi pakai air hangat cuma beberapa bulan aja. Setelah itu pakai air biasa soalnya emang airnya nggak dingin.

    ReplyDelete
  7. kadang kadang kita lupa untuk menyiapkan perlengkapan setelah mandi, jadi kita keburu untuk menyiapkan pada saat bayi sudah keluar bak

    ReplyDelete
  8. Tips udah saya terapkan. aaah jadi ingat 15 tahun lalu masih memandikan byi, sekarang si bayi sudah berubah ABG. Waktu cepet berlalu

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design