February 7, 2017

5 Manfaat Pijat Bayi yang Harus Bunda Tahu

Tahukah Bunda bahwa bayi juga disarankan oleh ahli kesehatan untuk di pijat secara rutin? Jadi, tidak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan terapi pijat, melainkan anak-anak sejak berusia dini (bayi) juga harus secara rutin dipijat. 

Mungkin ada diantara bunda yang memiliki anak bayi dan masih ragu untuk memijat, serta masih belum tahu apa saja manfaat dari pijat bagi bayi. Agar tidak ragu dan yakin, berikut adalah penjelasan, panduan, dan manfaat pijat bayi. 

manfaat pijat bayi

Tips memijat bayi 

Bunda, memijat bayi harus disesuaikan dengan usianya. Apabila bayi masih berusia 0 hingga 2 bulan, cara memijat yang paling tepat adalah dengan mengusap-usapkan kulitnya secara lembut. Hal tersebut akan membantu mendekatkan dan menguatkan ikatan batin antara ibu dan anak. Serta membantu memperlancar peredaran darah di dalam tubuh bayi sehingga nutrisi maupun oksigen yang mengalir di dalam darah bisa didistribusikan ke seluruh tubuh dengan baik. 

Bayi yang lebih dewasa bisa dipijat dengan cara menekan-nekan sekujur tubuhnya dengan lembut. Semakin sering bunda menyentuh dan menekan-nekan tubuh bayi, bunda akan semakin terbiasa sehingga tidak ragu-ragu saat merawat maupun memperlakukan bayi. 

Beberapa manfaat pijat bayi 

Selain manfaat yang telah diungkapkan di atas, sebenarnya ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh bayi apabila rajin dipijat. Diantaranya adalah: 

Meningkatkan kemampuan sistem pencernaan 

Memijat di area perut dengan lembut juga bisa membantu memberikan stimulasi agar sistem pencernaan bayi bekerja dengan lebih baik. 

Menenangkan bayi

Bayi yang rewel bisa ditenangkan dengan cara dipijat-pijat atau di usap dengan lembut. Usapan tangan ibu yang lembut dan penuh kasih sayang tersebut secara otomatis akan memberikan perasaan tenang dan hangat, sehingga bisa membuat bayi tidak lagi rewel. 

Meningkatkan kualitas tidur bayi 

Jika Bunda memiliki bayi yang sulit tidur dimalam hari, tidak ada salahnya untuk memijat-mijat bayi saat menjelang tidur. Pijatan-pijatan lembut tersebut biasanya mampu menenangkan dan membantu bayi tidur lebih nyenyak. 

Membantu menyingkirkan sakit perut atau kolik pada bayi 

Memijat bagian tubuh bayi, mulai dari dada dan bagian perut bisa membantu mengeluarkan gas yang terperangkap, sehingga bayi cenderung lebih nyaman sehingga tidak akan rewel. 

Pijatan bermanfaat untuk merangsang saraf vagus 

Bagi bayi prematur, memberikannya pijatan-pijatan secara rutin setiap malam bisa bermanfaat untuk merangsang saraf-saraf utama yang ada di tubuhnya, yang disebut dengan saraf vagus agar bekerja dengan lebih baik. Sehingga, saraf-saraf tersebut mampu menghubungkan dengan baik otak dengan organ-organ penting di dalam tubuh bayi. 

Dengan pijatan rutin, bayi yang lahir prematur akan memiliki tubuh yang lebih kuat. Menurut penelitian, memijat bayi yang lahir prematur secara teratur akan membantu mempecepat kenaikan berat badannya. 

Itulah beberapa manfaat pijat bayi yang harus bunda tahu. Dan semakin sering bunda melakukannya, maka bunda pun akan semakin terbiasa hingga mengetahui secara baik bagian-bagian tubuh sang buah hati.

21 comments:

  1. Manfaatnya sama ya ke anak bayi, yang dewasa aja enak banget tidurnya setelah dipijat. ^^

    ReplyDelete
  2. anaknya temen saya dulu sering dibawa mamanya ke tukang urut. Rupanya krn alasan2 yg tertera di postingan ini ya

    ReplyDelete
  3. Manfaat bayi banyak sekali, makanya saat anak kecil saya suka banget memijatnya.

    ReplyDelete
  4. Anakku doyan pijat semua... Kalo habis pijat, tidurnya nyenyak...

    ReplyDelete
  5. Hasna doyan banget dipijit meskipun dia sering kegelian. kadang tiba-tiba mapan trus bilang minta dipijit. manfaatnya banyak sih ya :)

    ReplyDelete
  6. Anak2ku aku pijitin juga mbak dulu. Yang pertama, di pijit bayi tradisional. Yang kedua..karena takut knp2, aku pijitin ke fisioterapi. Tapi sekarang udah gede..mereka malah enggan. Geli katanya😁

    ReplyDelete
  7. Anak ku kalo belum di pijat sama emaknya tidurnya kurang nyenyak.

    ReplyDelete
  8. Kalau telaten, semua manfaat itu diperoleh ya Mbak. Waktu anak2 saya bayi dulu, sayanya nggak telaten hehehe.

    ReplyDelete
  9. Kalau blm berani bisa pakai salon khusus bayi ya :D

    ReplyDelete
  10. lum punya bayi,, tapi apa salahnya baca postingan ini hihihiiii

    ReplyDelete
  11. Biasanya saya sambil pas mandiin anak saya gitu sambil tak pijat...

    ReplyDelete
  12. Ternyata mijitin bayi banyak juga manfaatnya ya..neng....saya sekarang masih suka di pijitin lho..neng walaupun sudah g bayi lagi....

    ReplyDelete
  13. Wahhh setelah baca artikel ini, ilmu saya jadi nambah lagi nih tentang parenting :)

    ReplyDelete
  14. Anakku jg pas sembelit bisa jadi lancar mba ��

    ReplyDelete
  15. Persis kayak yg dibilang terapis nya Ubii nih, pijat is so yay yay yay

    ReplyDelete
  16. kita aja yang tua, eh sy maksudnya hahaha menikmati sekali dipijit, apalagi para baby itu yaa...
    banyak pula manfaatnya

    ReplyDelete
  17. Iya ya kalau jadi orang tua terus ragu mijat anaknua itu mungkin aku haha
    Abis kulit bayi itu kayak lembut gitu loh.. kalau mau di pijet takut sakit anaknya :D

    Tp ternyata banyak manfaatnya yaaa

    ReplyDelete
  18. pijet-pijet-pijet enaakk
    aku sebenarnya lebih suka kalau manggil tukang pijet buat anakku xD
    *emak males

    ReplyDelete
  19. inspiratif tulisannya. bewe balik ya.. :)

    ReplyDelete

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design