Pages

5 Mei 2024

Alat-alat Yang Dibutuhkan Ketika MPASI

 Menjelang bayi berusia 6 bulan adalah saat-saat yang mendebarkan sekaligus memantik kegairahan tersendiri bagi ibu. Apalagi bagi ibu baru. Iyes, apalagi kalau bukan adik bayi memasuki usia mulai makan alias MPASI. 

Jadi ibu baru tuh beneran yang deg-degan dan exciting banget. Ini kira-kira bayiku doyan makan gak ya? Si bayi suka gak sama masakanku? Dan lain-lain. 

Tapi, yang paling menggugah minat adalah ketika hunting alat-alat MPASI. Apalagi sih yang bikin ibu-ibu bahagia selain belanja belanji.

Kalau menurut saran tenaga kesehatan  baiknya alat-alat masak untuk MPASI dipisahkan dari alat-alat masak rumah lainnya. 

Karena dikhawatirkan alat-alat rumah sudah lama dipakai sehingga kebersihannya kurang terjamin. Misal seperti talenan. Kan buat masak masakan orang dewasa, bentuk talenannya mungkin udah agak berjamur. 

Nah, dikhawatirkan si bayi imunitasnya belum begitu bagus. Sehingga baiknya memakai alat-alat yang baru dan khusus untuk membuat MPASI saja. Tidak dicampur untuk kepentingan lain.

Apa saja sih alat-alat yang dibutuhkan di awal MPASI? Ini beberapa kebutuhan pokoknya:

1. Talenan dan pisau

Kalau bisa disiapkan khusus buat bikin maem si bayik aja buk, gak kecampur buat masak yang lain-lain.

2. Panci kecil dan kukusan

Kan ada tuh ya panci kukusan yang bisa untuk mengukus dan sekaligus merebus. Nah, beli 1 aja buat bebikin makanan buat bayik. Beberapa menu makanan ada yang dikukus dan juga ada yang direbus.

3. Saringan dan uleg-an

Iyes, makanan bayi disarankan disaring bukan diblender. Kalau disaring, hasilnya ada teksturnya. Sehingga bayi pun bisa belajar untuk mengenali tekstur makanan. 

Kalau diblender terlalu halus, sehingga bayi tidak belajar makan makanan bertekstur. Ditakutkan nanti akan sulit naik tekstur sesuai usia.

Ulegan sendiri diperlukan untuk menghaluskan makanan atau untuk menekan makanan disaringan. Pilih merk-merk murah gak masalah, asal food grade.

4. Wadah-wadah kecil kedap udara

Jadi, ketika memasak di pagi hari untuk MPASI, kita bisa memasak dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk 3x makan dalam sehari. 

Baiknya dimasukan di wadah-wadah kecil sekali makan. Wadah ino dimasukan di chiller  kalau sudah waktunya makan, tinggal ambil 1 wadah untuk 1 porsi.

5. Alat makan

Alat makan ini bisa berupa sendok garpu bayi dan celemek. Celemek ini penting sih, supaya baju bayi tidak kotor, karena kotoram di baju bisa nembus ke kulit bayi. 

Dikhawatirkan karena lembab bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi.


Sebenarnya kalau mau gampang dan murah kita gak perlu kok bu nenyiapkan alat-alat khusus seperti di atas, asal ibu bener -bener menjaga higienitas dari alat-alat yang dipakai.

Kalau toh gak mampu beli, juga gak masalah. Yang penting bayinya sehat yekan hehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar