3 Maret 2024

Perlukah Anak Masuk PAUD?

 Jujur, sedang kejadian kakaknya yang cukup sulit dalam bersosialisai demgan orang baru. Penilaian saya mulai berubah terhadapa Pendidikan Anak Usia Dini.

Dulu, saya pikir memasukan  anak-anak sebelum SD itu adalah sesuatu yang sia-sia. Karena di sekolah mereka paling main-main saja.

Kalau bukan gosip yang bilang kalau mau sekolah dasar anaknya nanti harus punya ijazah TK, karena itu kemudian saya memasukan kakak ke TK

Ternyata oh ternyata, saya merasakan manfaat dari anak yang sekolah tersebut

Apa saja sih manfaat yang menurut saya perlunya anak dimasukan ke PAUD? 

1. Anak belajar bersosialisasi

Dengan bertemu banyak orang  mau tak mau mereka mulai mau mengenal orang banyak. Yang awalnya diem-diem   aja. Mereka mulai merasa nyaman. Kemudian mengajak bermain duluannya

2. Belajar pelajaran 

Di sekolah, anak-anak akan diajari banyak hal. Mulai dari hal-hal kecil hingga hal-hal lain.

Pelajaran anak-anak mulai dari seni peran hingga gerakan-gerakan yang mengarah ke motoriknya.

Salah satu alasan mengapa anak perlu masuk PAUD yaitu agar keterampilan motoriknya dapat terasah secara optimal. Keterampilan motorik dapat mencakup aktivitas apa pun yang membutuhkan koordinasi fisik seperti berlari, menangkap bola, bersepeda, atau mengikuti aktivitas olahraga yang sesuai usia Si Kecil.

3. Belajar  Mengaji

Kalau tempat PAUD-nya termasuk sekolah Islam. Anak-anak akan diajari mengaji serta membaca huruf.

Jadi, memasukan anak ke PAUD bukan sebuah hal yang sia-sia karena pendidikan anak usia dini memainkan peran penting dalam membentuk masa depan anak. Dengan memberikan pengalaman belajar yang positif, pendidikan anak usia dini membantu membangun fondasi yang kuat untuk perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan bahasa anak.

PAUD memberi kesempatan anak untuk belajar lebih banyak hal sejak usia dini. Pada usia dini, otak anak sedang dalam masa keemasan. PAUD akan membantu anak mengasah kecerdasan otaknya. Ini juga membantunya berpikir lebih bijak serta dewasa sejak usia sedini mungkin.

Usia ideal untuk anak mulai sekolah bisa mulai dari 4 tahun untuk jenjang PAUD. Kemudian untuk usia anak idel masuk TK adalah 5 tahun. Dan beberapa anak sudah menunjukkan kesiapan masuk SD pada usia 6 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design